Fungsi 8 Jenis dan Example Parts of Speech

Fungsi 8 Jenis dan Example Parts of Speech
Fungsi 8 Jenis dan Example Parts of Speech

Fungsi 8 Jenis dan Example Parts of Speech – Ketika mempelajari dasar-dasar Bahasa Inggris, Anda pasti akan menjumpai sebuah materi yang bernama Parts of Speech.

Meskipun pembahasan ini tidak terlalu sulit, tidak sedikit yang masih merasa kebingungan dalam membedakannya. Untuk mengenal lebih jauh tentang Parts of Speech, simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Baca juga: Cara Mudah Belajar Prepositions of Time

Pengertian dan Jenis Parts of Speech

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Parts of Speech? Menurut pengertiannya, Parts of Speech atau kelas kata merupakan golongan kata dalam sebuah bahasa yang dikategorikan berdasarkan bentuk, fungsi, serta makna.

Bahasa Inggris mengenal 8 jenis Parts of Speech: Verbs, Nouns, Adjectives, Adverbs, Prepositions, Interjections, Pronouns, dan Conjunctions.

1. Verbs (kata kerja)

Verbs merupakan sebuah golongan kata yang menunjukkan suatu perbuatan atau tindakan yang dilakukan oleh subyek. Verb biasanya berfungsi sebagai predikat dalam sebuah kalimat. Beberapa contoh Verbs dalam Bahasa Inggris antara lain: eat, sleep, walk, study, watch, dan lain sebagainya.

2. Nouns (kata benda)

Nouns atau nomina adalah golongan kata yang biasa digunakan untuk menunjukkan orang, benda, nama, tumbuhan, binatang, perasaan, ide, dan lain sebagainya.

Nouns dapat berfungsi sebagai subyek dan obyek pada sebuah kalimat. Contoh Nouns yang dapat digunakan dalam sebuah kalimat adalah: mother, apple, tree, idea, happiness, dan lain sebagainya.

3. Adjectives (kata sifat)

Adjective atau kata sifat merupakan jenis kata yang biasa digunakan untuk menerangkan noun atau pronoun pada sebuah kalimat. Noun atau pronoun yang diterangkan dapat berupa manusia, binatang, maupun benda-benda lainnya.

Adjective dapat diletakkan di depan noun maupun di belakang noun untuk menghasilkan kalimat dengan pola berbeda.

Untuk membedakannya, Anda dapat menyimak contoh berikut ini untuk penempatan adjective di depan kata benda: beautiful scenery, expensive computer, old books.

Sedangkan untuk penempatan adjective di belakang kata benda, simak contoh berikut: something horrible, something special.

Baca juga: Mengenal 3 Tenses Dasar Dalam Bahasa Inggris

4. Adverbs (kata keterangan)

Adverbs adalah golongan kata yang digunakan untuk menerangkan verb, adjective, ataupun adverb lain. Terdapat beberapa jenis adverbs, antara lain adverbs of time, adverbs of manner, adverb of frequency, adverb of place, dan lain sebagainya. Contoh adverbs adalah: yesterday, slowly, happily.

5. Prepositions (kata depan)

Prepositions merupakan kata depan yang lazim digunakan di depan kata benda. Dalam Bahasa Inggris, terdapat beberapa contoh prepositions yang sering ditemukan, yaitu in, on, at, below, above, under, dan lain sebagainya.

6. Interjections (kata seru)

Interjections atau kata seru adalah jenis kata yang mempunyai makna khusus. Golongan kata yang satu ini berfungsi untuk menyatakan berbagai macam perasaan dalam sebuah kalimat.

Meskipun demikian, interjections hampir tidak mempunyai makna. Contoh interjections yang lazim dipakai antara lain: wow, ugh, uh-oh, ouch, dan lain sebagainya.

7. Pronouns (kata ganti)

Pronouns merupakan jenis kata yang digunakan untuk mengganti nama orang ataupun benda. Terdapat lima jenis pronouns dengan berbagai macam fungsi seperti Subject Pronouns, Possessive Pronouns, Object Pronouns, Possesive Adjectives, dan Reflexive Pronouns. Contoh dari golongan kata ini adalah: they, herself, my, who.

8. Conjunctions (kata sambung)

Conjunctions adalah kata penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih kata dan kalimat. Contoh kata sambung yang sering digunakan dalam kalimat antara lain: and, but, if, however, as though, in order that.

Mengenal jenis-jenis Parts of Speech merupakan bekal penting dalam mempelajari Bahasa Inggris. Ketika Anda sudah mampu membedakan jenis dan fungsi masing-masing golongan kata, maka Anda dapat menerapkannya dalam sebuah kalimat dengan mudah.

Baca juga: Cara mengembangkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris

Referensi:

Artikel berjudul “8 Macam Tata Bahasa Inggris” diterbitkan oleh website: www.ef.co.id (diakses tanggal 21/9/2019).

Pos terkait