Jadwal Belajar Efektif Di Rumah

jadwal belajar efektif di rumah
jadwal belajar efektif di rumah

Kondisi otak dan kebugaran tubuh sangat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menyerap informasi dan memahami sesuatu. Hal ini membuat alangkah baiknya jika jadwal belajar efektif di rumah disusun dengan memperhatikan dua kondisi ini.

Selain itu, ada pula kondisi ekternal yang juga dapat mempengaruhi keefektifan belajar di rumah yakni kenyamanan tempat belajar. Apakah kondisinya berisik atau tenang? Sejuk dan nyaman atau justru panas dan pengap?. Saya berharap, orang tua dapat mengkondisikan ruangan belajar anak dengan baik setelah itu barulah kita menyusun jadwal belajar yang efektif.

Jadwal belajar efektif di rumah

Berikut jadwal belajar yang efektif di rumah yang bisa kita lakukan.

2 Jam sebelum subuh

Di jam ini suasananya masih sejuk dan dingin, otak masih dalam kondisi tenang, fresh dan tubuh sedang dalam kondisi prima setelah bangun dari istirahat malam. Ini waktu yang cocok untuk belajar materi pelajaran yang akan dibahas di sekolah pada hari ini. Jika ingin menghafal sesuatu, inilah waktu yang sangat tepat.

1 Jam setelah subuh

Di jam ini suasananya masih sejuk sehingga sangat cocok untuk olah raga ringan atau senam ringan untuk merileksasikan kondisi pikiran dan otot tubuh.

Pukul 07.00-11.00

Pada jam ini, tubuh masih sangat bugar dan kondisi otak masih fresh sehingga diwaktu ini kita dapat mengisinya dengan bekerja keras atau belajar beberapa mata pelajaran yang tergolong berat seperti matematika, fisika, akuntansi atau kimia.

Pukul 11.00- 14.00

Pada jam ini tubuh akan merasa lelah, biasanya suhu lingkungan juga panas sehingga jadwal yang tepat kita gunakan yakni untuk istirahat, tidur, mandi dan makan siang.

Pukul 14.00- 15.30

Ini waktu yang cocok untuk aktivitas belajar yang ringan misalnya kursus masak, kursus bahasa, menggambar, belajar kesenian dan keterampilan.

Pukul 15.30 – 17.30

Pada jam ini kondisi tubuh sudah sangat lelah dan fokus mulai berkurang. Sangat tepat jika diisi dengan kegiatan di luar ruangan yang menghibur seperti kerja kelompok, belajar peragaan sains sederhana, berolah raga ringan dan melakukan permainan.

Atau jika tubuh benar-benar sudah lelah, bisa kita isi dengan menjalin hubungan sosial dengan kerabat, teman atau rekan usaha.

Pukul 18.00- 22.00

Pada jam ini, kita bisa isi dengan belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang belum selesai atau mengerjakan tugas rumah untuk hari esok. Apabila kita memiliki tugas yang sangat berat, tugas tersebut bisa kita cicil sedikit demi sedikit pada rentang waktu ini.

Pukul 22.00 ke atas

Ini waktu yang tepat untuk istirahat malam. Kita bisa mulai tidur di jam ini agar otak dan tubuh kita bisa fresh dengan stamina optimal untuk menyongsong hari esok.

Nah, setelah mengetahui jadwal belajar efektif di rumah ini, kita bisa melakukan atau membuat list kegiatan yang sesuai dengan diri kita masing-masing.

Pos terkait