Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Masyarakat

Dampak globalisasi dalam kehidupan masyarakat dapat dilihat di berbagai sektor baik ekonomi, politik dan sosial budaya. Dampak ini bisa berakibat positif ataupun negatif. Nah, dampak globalisasi yang negatif inilah yang harus kita minimalisir sedangkan dampak yang positif kita ambil sebesar-besarnya.

Apa sajakah dampak negatif globalisasi dalam kehidupan masyarakat Indonesia?

a. Sektor Ekonomi

Dampak globalisasi dalam kehidupan masyarakat di sektor ekonomi yang bersifat negatif antara lain masuknya perusahaan asing yang menyisihkan perusahaan lokal, masuknya produk asing yang menjatuhkan harga industri lokal, adanya kemajuan teknologi dalam peralatan industri membuat tenaga kerja manusia dikurangi (diganti menjadi robot) dan sebagainya.

b. Sektor Politik

Dampak globalisasi di sektor politik misalnya adanya ancaman dari luar negeri sehingga mempengaruhi kebijakan pemerintah, adanya pemahaman luar yang melunturkan sifat gotong royong dan kebersamaan yang merupakan ciri khas masyarakat Indonesia, kekuatan modal asing dapat mempengaruhi siapa yang akan dijadikan sebagai pejabat negara, munculnya sikap-sikap politik yang jauh dari kepribadian bangsa Indonesia seperti aksi-aksi demonstrasi yang diikuti dengan perilaku anarkis sehingga menimbulkan kerusuhan dan sebagainya.

c. Sektor Sosial-Budaya

Dampak globalisasi di sektor sosial budaya misalnya masuknya budaya luar negeri yang negatif melalui media masa, berkurangnya rasa kecintaan masyarakat terhadap negeri sendiri, timbulnya sifat-sifat negatif seperti pesimistis, pragmatis, individualistis yang bukan merupakan sifat khas bangsa Indonesia, berubahnya gaya hidup masyarakat yang menjadi kekoreaan, kebarat-baratan atau kearab-araban, masuknya gaya kapitalis dan liberalis yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan agama masyarakat Indonesia dan sebagainya.

Selain di sektor ekonomi, politik dan sosial budaya, dampak globalisasi dalam kehidupan masyarakat juga bisa berpengaruh bagi keadaan alam yang secara langsung juga bisa mempengaruhi kesehatan manusia. Misalnya, industri secara besar-besaran di negara maju dapat merusak alam dan memberikan dampak pada pemanasan global. Dampak ini dapat dirasakan oleh negara lain meskipun negara tersebut merupakan negara berkembang yang skala industrinya masih kecil.

Lalu, apa yang harus dilakukan guna menghadapi dampak globalisasi dalam kehidupan masyarakat?

Yang harus dilakukan adalah menghadapinya, bukan menghindarinya karena globalisasi itu tidak bisa dihindari sebagai akibat terjalinnya hubungan internasional. Pada hakekatnya seseorang itu sudah dibekali oleh ilmu agama untuk menghadapi dampak baik dan buruk dari lingkungan luar. Dengan ilmu agama, seseorang akan tahu tentang bagaimana dalam bersikap -apakah diambil atau ditolak- segala sesuatu yang datang dari luar.

Dalam kaitannya berbangsa dan bernegara, sejatinya pancasila juga telah memberikan acuan bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan terkait dampak globalisasi ini. Kita mengenal pada sila pertama yakni, “keTuhanan Yang Maha Esa” yang bermakna bahwa masyarakat dan pemerintah dalam bersikap harus selalu sesuai dengan ajaran Tuhan. Kemudian di sila kedua,”Kemanusiaan yang adil dan beradab” yang bermakna bahwa pemerintah beserta masyarakat harus besikap adil serta mengedepankan adab atau sopan santun. Ini berarti adab dalam berbudaya dan kultur masyarakat harus tetap dipegang sebagai jati diri bangsa, bukan malah ikut bergaya seperti budaya dan kultur asing.

Apa sajakah dampak positif globalisasi dalam kehidupan masyarakat?

a. Sektor Ekonomi

Dampak positif globalisasi dalam kehidupan masyarakat di sektor ekonomi misalnya masuknya barang dan jasa yang dibutuhkan dalam negeri dimana perusahaan dalam negeri belum mampu membuatnya, terjadinya perubahan di tatanan kehidupan yang menjadi lebih maju, meningkatnya produktivitas karena adanya kemajuan teknologi dalam industri.

b. Sektor Politik

Dampak positif globalisasi dalam sektor politik misalnya munculnya kehidupan masyarakat yang lebih demokratis dan transparan, ini didukung dengan adanya kemajuan teknologi dan komunikasi.

c. Sektor Sosial Budaya

Dampak positif globalisasi dalam sektor sosial budaya misalnya adanya sikap untuk menunjukan budaya dalam negeri ke luar negeri, masuknya budaya luar negeri ke Indonesia dapat menciptakan kolaborasi budaya yang baru, timbulnya inovasi diri dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nah, dengan mengetahui dampak globalisasi dalam kehidupan masyarakat ini setidaknya memberikan gambaran sehingga kita tidak kehilangan arah melainkan justru bisa menumbuhkan berbagai sikap positif antara lain siap berkompetisi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kualitas mutu, selalu beorientasi ke masa depan dan selalu memacu diri dalam meraih prestasi.

[color-box]Anisty, Dewi.2009. PKn 3 : Kelas IX SMP dan MTs. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Faridy, MS.2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Pekanbaru: PT. Sutra Benta Perkasa.
Nurdiaman, AA.2009. Pendidikan Kewarganegaraan 3: Kecakapan Berbangsa dan Bernegara Untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama /Madrasah Tsanawiyah. Bandung: PT. Pribumi Mekar.[/color-box]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *