Cara Menanggulangi dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan (Air, Udara, Tanah)

Cara Menanggulangi dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan (Air, Udara, Tanah)

Untuk menanggulangi serta mengatasi berbagai macam pencemaran lingkungan sudah dilakukan, entah itu oleh masyarakat maupun oleh pemerintah.

Usaha-usaha tersebut dilakukan melalui penyuluhan serta penataan lingkungan. Akan tetapi tanpa adanya dukungan serta rasa peduli dari masyarakat terhadap lingkungan, usaha tersebut tidak akan berhasil.

Usaha Menanggulangi Pencemaran Lingkungan

1. Penanggulangan Pencemaran Udara

Dewasa ini musim hujan sudah tidak lagi dapat diprediksi. Hal tersebut menunjukkan kualitas lingkungan yang menurun. Yang mana peristiwa tersebut merupakan ciri-ciri pemanasan global yang merupakan akibat dari pencemaran udara.

Cara Menanggulangi dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan (Air, Udara, Tanah)

Untuk mencegah terjadinya pencemaran udara, dapat dilakukan dengan meminimalkan serta memperlambat terjadinya pemanasan global yang dapat dilakukan dengan cara mengurangi pembangunan rumah kaca dan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dengan mengganti dengan bahan bakar alternatif.

Artikel terkai: Pengertian dan macam-macam contoh pencemaran lingkungan

Sedangkan untuk memperlambat terjadinya pemanasan global dapat dilakukan dengan cara: menghentikan penggunaan emisi CFC yang digunakan sebagai bahan dalam freezer ataupun lemari es dan juga dalam pendingin ruangan atau AC, penggunaan bahan bakar minyak secara efisien, penggunaan energi batubara dengan efisien.

Selanjutnya menggunakan filter pada asap pembuangan pabrik untuk menyaring karbon dioksida, peningkatan dalam pemanfaatan energi matahari, panas bumi, serta angin, penggunaan gas alam untuk bahan alternatif pengganti bahan bakar minyak serta batubara, dan mengurangi penebangan hutan serta mengadakan reboisasi.

2. Penanggulangan Pencemaran Air

a. Limbah rumah tangga dalam bentuk cair dialirkan ke dalam bak penampungan supaya tidak terjadi pencemaran pada sumber air dan juga untuk menghindari bau yang tidak sedap.

b. Sampah plastik, karet, serta kaleng dapat di daur ulang menjadi bahan yang lebih berguna.

c. Menghindari penggunaan pupuk secara berlebihan serta mencegah supaya tidak ikut larut ke danau ataupun sungai.

Artikel lainnya: Pengertian, komponen dan macam-macam masalah lingkungan hidup

d. Menggunakan metode pembasmian hama secara biologis dengan menghindari penggunaan pestisida, dan insektisida.

e. Pada setiap pabrik harus memiliki bak pembuangan dan penampungan limbah sebelum di buang ke sungai, limbah tersebut harus sudah diolah dengan cara biologis, kimia, ataupn fisika.

f. Sebisa mungkin mencegah terjadinya kebocoran pada tangki yang digunakan untuk menyimpan minyak, pipa-pipa pengeboran minyak ataupun kapal tanker.

3. Penanggulangan Pencemaran Tanah

Yang menyebabkan terjadinya pencemaran tanah adalah limbah padat, sampah, penggunaan pupuk secara berlebihan serta pembuangan zat pestisida yang juga berlebihan. Pada sampah limbah padat mengandung 70% bahan organik serta 30% bahan anorganik.

Artikel terkait: Macam-macam perlindungan alam

Apabila bahan organik semakin banyak, maka sampah tersebut semakin baik karena dapat di daur ulang dan dapat dengan mudah di degradasi sehingga dapat menyatu dengan tanah menjadi nutrisi untuk organisme lain.

Cara Atasi Pencemaran Lingkungan Secara Umum

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Pembuangan sampah ke selokan atau bahkan ke sungai dapat mengakibatkan aliran air terhambat, sehingga dapat menyebabkan penumpukan sampah dan kemudian membusuk. Selain menimbulkan bau tak sedap juga akan mengakibatkan banjir ketika musim hujan tiba.

2. Penanggulangan Limbah Industri

Sebelum dibuang, limbah-limbah industri yang mengandung bahan kimia harus diolah terlebih dahulu. sehingga racun dapat dihilangkan dan tentunya tidak mengganggu ekosistem.

3. Penghijauan serta Melakukan Penanaman Pohon

Dengan adanya jalur hijau dapat mengurangi kadar CO2 di udara karena tumbuhan dapat menyerap gas CO2 tersebut yang berasal dari asap kendaraan bermotor untuk melakukan fotosintesis. Sehingga tumbuhan hijau dapat mengurangi terjadinya pencemaran udara karena dapat melepaskan O2 ke atmosfer.

Baca juga: Upaya pelestarian lingkungan hidup

4. Menggunakan Pupuk serta Obat Pembasmi Hama dengan Sesuai

Penggunaan pupuk secara berlebih dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Selain itu juga dapat mengakibatkan punahnya organisme tertentu yang dibutuhkan.

Nah, bila ada pertanyaan terkait Cara Menanggulangi dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan (Air, Udara, Tanah) di atas bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka:

Pujianto, sri (2014). Menjelajah Dunia Biologi. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

No name. (2016). Cara Menanggulangi dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan (Tanah, Air dan Udara). [Online]. Tersedia: www.berpendidikan.com [03 Juni 2019].

Pengertian dan Macam-Macam Contoh Pencemaran Lingkungan

bagan Pengertian dan Macam-Macam Contoh Pencemaran Lingkungan

Pengertian dan Macam-Macam Contoh Pencemaran Lingkungan – Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia pasti akan memanfaatkan sumber daya alam sekitar.

Namun pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan oleh manusia seringkali tidak memperhatikan keadaan lingkungan. Sehingga muncul berbagai macam kerusakan serta pencemaran lingkungan.

Apabila anda tinggal di sekitar kawasan industri, tentu anda akan melihat pabrik-pabrik mengeluarkan asap hitam yang mengandung racun. Sehingga lingkungan alam yang berada di sekitar kawasan tersebut tercemar. Berbagai macam pencemaran yang dihasilkan tidak hanya pencemaran udara saja, akan tetapi juga berupa pencemaran air dan tanah.

bagan Pengertian dan Macam-Macam Contoh Pencemaran Lingkungan

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan atau yang sering kali disebut polusi merupakan perubahan yang terjadi pada lingkungan yang terjadinya tidak dikehendaki sebab berpengaruh pada kegiatan, keselamatan, dan kesehatan makhluk hidup.

Perubahan yang terjadi tersebut diakibatkan oleh zat pencemar atau yang sering disebut dengan polutan. Zat yang dapat dikatakan sebagai polutan adalah apabila jumlah bahan atau zat tersebut lebih dari batas normalnya, berada pada waktu yang tidak tepat, serta pada tempat yang tidak semestinya. Sehingga keadaan ekosistem dalam lingkungan tersebut tidak lagi seimbang.

Artikel terkait: Upaya pelestarian lingkungan hidup

Padahal ekosistem yang seimbang dimiliki oleh lingkungan yang alami. Contohnya seperti, udara di desa jauh lebih segar karena masih banyak pepohonan yang tumbuh. Hal tersebut menunjukkan bahwa udara di desa belum tercemar. Tentu hal tersebut sangat berbeda dengan yang ada di kota, di mana selain penduduknya yang padat, udara yang terasa panas dan tidak nyaman menunjukkan udara telah tercemar

Macam-Macam Pencemaran Lingkungan Berdasarkan Jenis dan Contohnya nya

1. Pencemaran Udara

Biasanya pencemaran udara terjadi karena pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor serta gas buangan dari pabrik. Karbon monoksida (CO), klorofluorokarbon (CFC), senyawa nitrogen, belerang, serta partikel debu merupakan beberapa dari jenis polutan yang seringkali mencemari udara.

Contohnya seperti adanya hasil pembakaran yang tidak sempurna oleh mesin kendaraan yang menghasilkan gas CO (Karbon monoksida). Jika gas CO ini terhirup oleh manusia, maka gas tersebut akan ikut tersebar melalui darah, sehingga dapat mengganggu daya ikat darah terhadap oksigen. Akibatnya dapat menyebabkan gangguan saraf, pusing-pusing, bahkan dapat menyebabkan pingsan.

2. Pencemaran Air

Kerusakan air dari batas normal dapat dikatakan bahwa air tersebut telah tercemar. Air yang tercemar diakibatkan oleh adanya polutan serta racun yang masuk ke dalam air. Jenis dari polutan air ini dapat berupa limbah industri, minyak, bahkan limbah rumah tangga.

Limbah dari industri yang mengandung logam berat seperti timbal, kadmium, ataupun raksa akan ikut mengalir ke sungai. Apabila masuk ke dalam tubuh, maka logam tersebut berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit kanker. Limbah rumah tangga seperti sampah serta detergen dapat membuat kandungan oksigen di dalam air menurun.

Artikel terkait: Pengertian, komponen, macam-macam dan masalah lingkungan hidup

Selain limbah industri dan limbah rumah tangga, ada juga limbah pertanian seperti insektisida (DDT), herbisida, serta pupuk berbahaya lainnya yang tentunya berbahaya bagi kesehatan manusia serta organisme lainnya. semua jenis limbah tersebut dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan dapat mengakibatkan kematian organisme air, khususnya ikan.

3. Pencemaran Tanah

Aktivitas manusia seperti membuang sampah tidak pada tempatnya merupakan salah satu penyumbang terjadinya pencemaran tanah. Selain itu, bocornya limbah cair dari rumah sakit maupun industri, tumpahan minyak, limbah, serta zat kimia lainnya juga penyebab terjadinya pencemaran tanah.

Artikel terkait: Hubungan masyarakat dengan lingkungan hidup

Tanah yang telah tercemar oleh polutan, maka polutan tersebut dapat mengendap ke dalam tanah sebagai zat yang beracun. Polutan berdasarkan sifatnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu yang dapat diuraikan seperti kertas dan yang tidak dapat diuraikan seperti plastik.

Daftar Pustaka:

Campble. (Jilid 1 Edisi 8). Biologi. Jakarta: Erlangga.

No name. (2016). Pengertian dan Macam-Macam Jenis Contoh Pencemaran Lingkungan. [Online]. Tersedia: https://www.berpendidikan.com/2016/02/pengertian-dan-macam-macam-jenis-contoh-pencemaran-lingkungan.html [03 Juni 2019]