Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Gambar ilustrasi sel tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup yang dapat melaksanakan kehidupan. Dikatakan unit struktural karena sel tersusun atas membran sel dan organel sel. Sel sendiri memiliki bentuk dan ukuran yang beraneka ragam. Bentuk dari sutu sel dipengaruhi oleh fungsi dari sel itu sendiri.

Sel memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga untuk dapat melihatnya membutuhkan bantuan mikroskop. Sel hewan dan sel tumbuhan apabila diamati dengan mikroskop cahaya akan terlihat sama. Namun apabila diamati dengan mikroskop elektron antara sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Umumnya sel hewan memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil dari sel tumbuhan. Sel hewan memiliki bentuk yang tidak tetap sedangkan pada sel tumbuhan cenderung memiliki bentuk yang tetap. Antara sel hewan dan sel tumbuhan pada kenyataannya memiliki perbedaan mendasar, seperti ada tidaknya dinding sel, plastida, serta sentriol.

Baca juga: Struktur sel hewan dan tumbuhan

  1. Sel Hewan

Sel hewan memiliki berbagai komponen termasuk organel-organel sel yang dibatasi oleh membran. Pada sel hewan organel yang biasanya paling menonjol adalah nukleus. Aktivitas metabolisme sel sebagian besar terjadi dalam sitoplasma. Sitoplasma mengandung banyak organel serta komponen sel lain yang tertanam dalam medium semi cair.

  1. Sel Tumbuhan

Sebagian besar ciri yang ada dalam sel hewan juga terdapat dalam sel tumbuhan, pada sel tumbuhan memiliki organel yang disebut plastida. Untuk jenis plastida terpenting yang harus  ada dalam sel tumbuhan adalah kloroplas yang dapat melaksanakan fotosintesis. Kebanyakan dari sel tumbuhan memiliki vakuola sentral yang besar.

Baca juga: Organel-organel sel

Tugas dari vakuola adalah melaksanakan fungsi yang dilakukan oleh lisosom pada sel hewan. Pada bagian luar dari membran plasma terdapat dinding sel yang tebal, yang ditembus oleh saluran-saluran yang disebut plasmodesma.

Tabel perbandingan antara sel hewan dan sel tumbuhan

No. Bagian Sel Sel Hewan Sel Tumbuhan Fungsi
1. Dinding sel Tidak ada Ada Memberi bentuk dan perlindungan bagi sel.
2. Membran Plasma Ada Ada Melindungi isi sel, mengatur keluar masuknya molekul-molekul, dan sebagai reseptor (penerima) rangsang dari luar sel.
3. Nukleus Ada Ada Pengendali seluruh kegiatan sel, membawa informasi genetik, dan mengatur pembelahan sel.
4. Retikulum endoplasma Ada Ada Menampung protein yang telah disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke badan golgi, mensitesis lemak dan kolesterol, menetralkan racun, transportasi molekul-molekul dari bagian sel yang satu kebagian sel yang lain.
5. Ribosom Ada Ada Untuk sintesis protein
6. Peroksisom Ada Ada Mengandung enzim katalase yang yang berfungsi menguraikan hydrogen peroksida menjadi oksigen dan air
7. Glioksisom Tidak ada Ada Menghasilkan enzim katalase dan oksidase yang keduanya berperan dalam proses metabolisme lemak, yaitu mengubah lemak menjadi gula
8. Kompleks Golgi Ada Ada Membentuk glikolipid, membentuk dinding sel tumbuhan, membentuk lisosom, sebagai organel sekretori, dan menambahkan glioksilat pada protein sehingga terbentuk glikoprotein.
9. Mitokondria Ada Ada Sebagai penghasil energi karena berfungsi untuk respirasi
10. Lisosom Ada Tidak ada Sebagai organ pencernaan intraseluler dan sebagai alat pertahanan sel.
11. Sentriol Ada Tidak ada Berfungsi sebagai kutub-kutub pembelahan pada saat pembelahan sel.
12. Plastida Tidak ada Ada Badan organel dalam sitoplasma yang memiliki struktur dan fungsi khusus, salah satunya adalah kloroplas yang memberikan warna hijau pada tumbuhan.
13. Vakuola Ada/tidak ada Ada Tempat cadangan makanan, menyimpan pigmen, menyimpan minyak atsiri, dan menyimpan sisa metabolisme.

Nah, bila temen-temen ada pertanyaan terkait perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan seperti yang dijelaskan pada tulisan di atas. Temen-temen bisa menulisnya di kotak komentar di bawah ini.

Baca juga: Struktur membran sel lipid bilayer

Daftar Pustaka

Campble. (Edisi kedelapan jilid 1). Biologi. Jakarta: Erlangga

Heryana, Nanang dan Rahma merdia. (2010). Biologi Umum. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Pujianto Sri, (2014). Menjelajah Dunia Biologi. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Pos terkait