Pengertian Peta (Map)

       
Salah satu contoh gambar peta Jogja yang lengkap beserta keterangannya

Gambar. Salah satu contoh gambar peta Jogja yang lengkap beserta keterangannya (Sumber: jogjawae.com )

Hampir setiap orang sudah mengenal peta bahkan pernah menggunakannya. Namun untuk mencari pengertian peta, pada umumnya kita sulit untuk mendefinisikannya. Lantas, apa pengertian peta? Peta adalah gambaran dari permukaan bumi yang digambar pada bidang datar yang kemudian diperkecil dengan skala tertentu dan dilengkapi simbol sebagai penjelas.

Beberapa ahli mengemukaan pendapat yang berbeda terkait pengertian peta. Berikut beberapa pendapat tersebut:

a. Pengertian Peta Menurut ICA (International Cartographic Association)

Peta merupakan suatu gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan.

b. Pengertian Peta Menurut Aryono Prihandito (1988)

Peta adalah gambaran permukaan bumi dengan skala tertentu, digambar pada bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu.

c. Pengertian Peta Menurut Erwin Raisz (1948)

Peta merupakan gambaran konvensional dari ketampakan muka bumi yang diperkecil seperti ketampakannya kalau dilihat vertikal dari atas yang dibuat pada suatu bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelas.

d. Pengertian Peta Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal 2005)

Peta merupakan wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan dan merupakan sumber informasi bagi para perencana, pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

Dengan adanya peta kita dapat mengetahui posisi atau tempat-tempat dengan mudah. Selain itu pengembangan peta saat ini telah diintegrasikan dengan perkembangan teknologi dimana yang dulunya peta hanya berbentuk lembaran kertas, saat ini sudah ada peta dalam bentuk digital yang disertai keterangan lengkap di tiap lokasi misalnya keterangan nama kota, jalan, tempat pariwisata, rumah sakit, terminal, pelabuhan, rumah makan dll.

[color-box]Endarto, Danang dkk. 2009. Geografi 3 untuk kelas SMA/MA kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.[/color-box]

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *