Pengertian, Manfaat dan Cara Membuat Desain Kartu Nama

Pengertian, Manfaat dan Cara Membuat Desain Kartu Nama

Di halaman ini kita akan membahas tentang pengertian, manfaat dan cara membuat kartu nama serta biaya membuatnya, jenis kertas yang digunakan dsb.

A. Definisi atau pengertian kartu nama

Kartu nama adalah sebuah kartu yang terbuat dari kertas berisi informasi pribadi seseorang atau perusahaan yang digunakan sebagai pengingat saat melakukan perkenalan secara formal.

Perkenalan secara formal misalnya saat seseorang mengisi seminar, perusahaan melakukan perkenalan pada acara job fair atau pameran dsb.

Baca juga: Membuat gambar topeng

B. Kertas apa yang digunakan kartu nama ?

Kertas yang digunakan bermacam-macam diantaranya kertas art paper, kertas karton, kertas blues white, kertas mohawk option, linned jepang, linnen holand, nettuno dan splendorgel. Jenis-jenis kertas ini memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

C. Berapa biaya membuat kartu nama ?

Biaya membuat kartu nama berbeda-beda tergantung perusahaan percetakannya. Akan tetapi harga pada umumnya per-bulan Desember 2018 sekitar Rp 70.000/kotak dimana setiap kota berisi 100 lembar kartu nama. Biasanya bila kita membelinya dalam jumlah banyak, maka harga perkotaknya akan lebih murah.

Baca juga: Membuat gambar burung hantu

D. Berapa ukuran standar kartu nama ?

Ukuran kartu nama di setiap negara bisa berbeda-beda. Di Indonesia, ukuran kartu nama sebesar 9 x 5,5 cm. Untuk di negara eropa sendiri memiliki ukuran 8,5 x 5,5 cm, di negara Jepang ukurannya 9,1 x 5,5 cm. Sedangkan di negara Cina, Korea, Malaysia dan Singapura ukurannya 9 x 5,4 cm dan di Amerika latin ukurannya 9 x 5 cm.

Untuk ukuran kartu nama sesuai standar internasional yaitu 7,4 x 5,2 cm. (Baca juga: Membuat logo cap stempel)

E. Cara Membuat Desain Kartu Nama Pribadi atau Bisnis

Nah, di sini kita akan membuat desain kartu nama menggunakan software Corel Draw 2017.Ikutilah langkah-langkahnya dengan baik.

1. Bukalah software Corel Draw 2017 atau versi lainnya di laptopmu, lalu buat halaman baru. (Baca juga: Membuat gambar kartun vespa)

2. Buatlah sebuah kotak berukuran 9 x 5,5 cm dengan menggunakan rectangle tool. Bila sudah jadi, tekan CTRL + D untuk melakukan duplikasi sehingga kotaknya menjadi dua buah.

3. Pada kartu nama tampilan depan, rubahlah warnanya dengan cara klik object properties-> fill. Lalu beri logo dan nama perusahaanmu.

Baca juga: membuat denah atau peta lokasi

Kemudian tulis menggunakan text tool yaitu nama perusahaan, layanan, alamat kantor, nomor email dan nomor telpon. Untuk backgroundnya buat menggunakan rectagle tool lalu beri warna menggunakan object properties -> fill.

4. Agar kartu nama terlihat simpel dan elegan, kita akan memberinya sedikit sentuhan grafis. Caranya klik gambar kotak pada bagian belakang (yang warnanya biru) kemudian klik kanan covert to curves. Setalah itu buat lekukan-lekukan menggunakan shape tool.

5. Hasil akhirnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Cukup mudah bukan? cobalah untuk melakukan variasi yang lebih kompleks. Bila ada pertanyaan terkait pengertian, manfaat dan cara membuat kartu nama bisa ditulis di bawah ini.

Pos terkait