Cara Menulis Resensi Novel

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis resensi novelĀ adalah

  • Mencantumkan dan menjelaskan identitas buku selengkap mungkin, seperti jenis buku, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, harga buku.
  • Ungkapkan ikhtisar isi cerita/sinopsis karya sastra yang akan diresensi serta hal-hal menarik yang akan dibahas sebagai pendahuluan di awal paragraf.
  • Ungkapkan kelebihan dan kekurangan isi novel atau cerpen dari segi isi, tema, latar, alur, perwatakan, sudut pandang, dan lain-lain.
  • Ungkapkan kelebihan dan kelemahan dalam pengunaan bahasa!
  • Pada akhir paragraf berilah kesimpulan tentang penting atau tidaknya novel itu untuk dibaca.

Komponen yang dapat dibahas dalam menyusun resensi novel adalah sebagai berikut.

    1. Tema
    Tema apakah yang diungkap dalam novel? Apakah tema yang diungkapkan itu menarik pembaca secara umum? Apakah tema sudah sering diungkapkan dalam seri cerita lain yang dibuatnya? Apakah tema dapat diterima sebagai kebenaran yang umum?
    2. Alur Cerita
    Bagaimana peristiwa-peristiwa diatur dalam cerita? Apa keunikan susunan peristiwa yang digunakan pengarang? Apakah ada pembaruan susunan peristiwa dalam cerita itu?
    3. Penokohan
    Bagaimana pengarang memberi (menciptakan) watak atau karakter pada tokoh-tokohnya? Bagaimana sifat tokoh tersebut? Adakah keunikan dalam menciptakan watak tokoh?
    4. Sudut Pandang
    Sudut pandang apa yang dipakai pengarang untuk menyampaikan cerita? Adakah keunikan sudut pandang dalam cerita?
    5. Latar Cerita
    Bagaimana latar cerita digunakan? Apakah latar ceritanya cocok dengan peristiwa?
    6. Nilai-nilai
    Nilai-nilai apakah yang dapat diambil pembaca dari cerita? Adakah nilainilai baru yang dikembangkan?
    7. Bahasa dan Gaya Cerita
    Bagaimana bahasa yang digunakan pengarang? Apakah cerita disampaikan dengan cara humor, serius, atau sinisme?
    8. Pengarang
    Siapa pengarang cerita itu? Bagaimana latar belakang kehidupannya? Bagaimana kreativitasnya?

Dalam sebuah resensi tidak semua cerita tersebut diulas oleh penulis. Biasanya penulis hanya memilih aspek yang dianggap paling menarik. Pertimbangan tentang kemenarikan itu bersifat relatif subjektif. Oleh karena itu, resensi novel itu bersifat subjektif pula.

Jika anda telah membaca novel secara keseluruhan, hal-hal yang harus dicatat untuk membuat resensi bisa mengikuti cara seperti yang telah dikemukakan di atas, atau mengikuti cara berikut.

  • Memberitahukan kepada masyarakat akan terbitnya buku baru dengan menginformasikan data-data, seperti judul novel, pengarang, penerbit, dan jumlah halaman.
  • Menginformasikan jenis novel, tema, alur cerita, penokohan, sudut pandang, latar cerita, nilai-nilai, bahasa dan gaya cerita, reputasi pengarang, dan latar belakang penerbitan.
  • Menyampaikan tujuan penulisan atau ringkasan novel.
  • Menegaskan keunggulan dan kelemahan novel, apakah bermanfaat bagi masyarakat atau tidak. Apakah novel itu dapat memenuhi kebutuhan masyarakat atau tidak, bernilai bagi masyarakat atau tidak, dan seterusnya.

Daftar Isi
Indrawati. 2009. Bahasa dan Sastra Indonesia 2 untuk SMA/MA KElas XI Program IPA-IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Kusnadi, H. 2009. Belajar Efektif Bahasa Indonesia 2 untuk SMA/MA Kelas XI program IPA-IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan