Membuat Gambar Pohon Pisang

Bagaimana cara menggambar atau membuat gambar pohon pisang menggunakan software Corel Draw?. Simak tutorialnya berikut ini.

Sebelumnya kita juga sudah membuat banyak tutorial menggambar, kamu bisa mengeceknya di kategori tutorial diantaranya cara menggambar pohon dan menggambar pohon kelapa.

Mengapa harus pakai software Corel Draw? karena software ini memiliki fitur yang lengkap dan hampir semua orang punya. Ditutorial ini tidak dipatok harus pakai software corel draw versi tertentu.

Kamu bisa pakai versi manapun, meskipun pada tutorial ini menggunakan versi 2017 karena kami mencoba seminimal mungkin dalam menggunakan fiturnya. Dan fiturnya pun pasti ada di versi keberapa pun.

Langkah-Langkah Menggambar Pohon Pisang

1. Bukalah software corel drawmu di laptop atau PC yang ada mouse-nya lalu buka lembaran kerja yang baru.

2. Terlebih dahulu kita akan membuat batang pisangnya yaitu dengan mula-mula membuat kotak persegi panjang menjulang ke atas menggunakan RECTAGLE TOOL. Agar bisa dibentuk, maka klik kanan gambar -> CONVERT TO CURVES kemudian klik SHAPE TOOL untuk membuat lebar batang ke atas semakin mengecil.

3. Setelah itu lakukanlah duplikasi-duplikasi dan aturlah posisinya saling bertindihan. Kemudian menggunakan SHAPE TOOL tarik sudut bagian atas ke bawah hingga seperti gambar meruncing. Lakukanlah sebanyak empat kali hingga seperti gambar di bawah ini.

4. Setelah itu pada sisi yang runcing (menghadap ke atas) kita buat lekukkannya menggunakan SHAPE TOOL lalu kita beri warna. Cara memberi warna, mula-mula kita klik gambar yang mau diberi warna lalu pilih fitur OBJECT PROPERTIES -> FILL. Kira-kira akan menjadi seperti ini.

5. Setelah itu kita membuat gambar daun pisangnya. Caranya seperti ketika kita membuat daun pohon kelapa. Mula-mula kita buat persegi panjang kecil lalu klik kanan -> CONVERT TO CURVES. Kemudian untuk merubah bentuknya kita menggunakan SHAPE TOOL.

6. Setelah itu buat gambar ellip menggunakan ELLIPS TOOL lalu klik kanan CONVERT TO CURVES. Setelah itu rubahlah menjadi seperti pohon pisang. Lalu berilah warna menggunakan fitur OBJECT PROPERTIES -> FILL.

7.Setelah itu daun yang telah dibuat, kita gabungkan dengan batang pohon pisang. Rubahlah bentuk batang daun pisang (basa jawanya “debok”) pada bagian pangkalnya menggunakan SHAPE TOOL agar seperti pada pohon pisang di dunia nyata.

8. Lalu lakukanlah duplikasi CTRL+D kemudian klik fitur MIRROR HORIZONTALY. Untuk mengatur posisi layer mana yang di atas dan mana yang dibawah, caranya klik kanan pada gambar -> ORDER.

9. Ingat!! setelah daun dan batang digabung untuk memperbaiki atau merapikan bentuknya bisa menggunakan SHAPE TOOL. Aturlah warnanya agar mirip pohon pisang yang asli.

Baca juga: Cara membuat gambar doraemon

10. Langkah selanjutnya yaitu membuat buah pisangnya. Kita menggunakan garis panjang yang besar garisnya (outlinenya) dibuat sebesar 20px sebagai batang buah pisangnya. Kemudian diberi warna hijau.

11. Kemudian buahnya dapat kita gambar menggunakan ellip yang kita susun layernya, caranya ORDER -> TO BACK/FONT OF PAGE. Untuk membuat lekukkan harus diklik kanan -> CONVERT TO CURVE. Kemudian di rubah menggunakan SHAPE TOOL.

11. Kemudian gambar pisang kita gabungkan dengan gambar pohon pisang yang sebelumnya telah kita buat. Kira-kira menjadi seperti ini.

Baca juga: Menggambar ketupat lebaran

Nah, demikianlah tutorial cara membuat gambar pohon pisang dengan menggunakan Corel Draw 2017. Bila ada pertanyaan bisa ditulis di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *