Laporan Penelitian

       

1. Mempresentasikan Hasil Penelitian

    Langkah-langkah dalam mempresentasikan hasil penelitian adalah
    a. Menuliskan pokok-pokok hasil penelitian. Pokok-pokok hasil penelitian antara lain:
    1)      hal atau masalah yang diteliti;
    2)      orang yang meneliti;
    3)      waktu mengadakan penelitian;
    4)      tempat penelitian dilakukan;
    5)      sebab penelitian tersebut dilakukan;
    6)      proses penelitian; dan
    7)      hasil penelitian yang dilakukan.
    b. Meringkas hasil penelitian dengan kalimat yang runtut dan efektif. Anda dapat meringkas hasil penelitian dengan cara merangkaikan pokok-pokok hasil penelitian.
    c. Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami.
    d. Mempresentasikan ringkasan hasil penelitian dan proses penelitian dengan kalimat yang runtut, jelas, dan mudah dipahami.
    Teknik presentasi yang baik adalah sebagai berikut
    a. Penyajian makalah secara lisan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
    Makalah disajikan dengan baik. Makalah merupakan karya tulis atau dapat dibuat laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah. Anda harus menguasai materi makalah. Penguasaan materi dapat meyakinkan pendengar/peserta. Makalah tersebut menjelaskan gagasan yang tepat. Anda harus mengatur suara sesuai dengan intonasi. Variasikan suara berdasarkan inti pembicaraan. Variasi suara dapat menarik perhatian pendengar.
    b. Peserta mengajukan pertanyaan setelah penyajian makalah selesai.
    Peserta atau pendengar dapat mengajukan pertanyaan terhadap isi makalah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab langsung oleh penyaji atau menunggu beberapa pertanyaan dari peserta.
    c. Penyaji memberi jawaban dan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan.
    Penyaji memberi jawaban dan tanggapan peserta dengan santun. Jawaban yang diberikan sesuai dengan pertanyaan peserta. Jawaban dipaparkan secara terperinci dan jelas.
    d. Presentasi dipandu oleh moderator.
    Moderator bertugas memimpin jalannya presentasi agar tertib dan lancar. Moderator juga menentukan waktu dan mengarahkan alur presentasi.

2. Menyampaikan Hasil Penelitian

    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaporkan hasil penelitian adalah
  • Rumuskan terlebih dahulu pokok-pokok yang kamu laporkan.
  • Jika hasil penelitian kamu cukup panjang, sebaiknya kamu melaporkan hal-hal yang pokok saja. Bagian pendahuluan, misalnya latar belakang, landasan teori, metode, hipotesis, dan lain-lain, cukup kamu ulas sedikit saja dalam bentuk suatu pengantar pembicaraan kamu.
  • Untuk memudahkan dan mengefektifkan laporan penelitian yang akan kamu laporkan, buatlah terlebih dahulu ringkasan hasil penelitian berdasarkan pokok-pokok catatan yang telah kamu rencanakan untuk kamu laporkan.
  • Persiapkan terlebih dahulu alat-alat peraga jika memang diperlukan.
  • Laporkan hasil penelitian kamu secara sistematis atau runtut.
  • Ungkapkan ringkasan hasil penelitian kamu dengan suara yang jelas, intonasi kalimat yang tepat secara singkat dan padat.
    Sikap yang perlu diperhatikan saat melakukan presentasi.
    a. Tenangkan diri
    Pembawa makalah sebaiknya menenangkan diri dan mengendalikan seluruh perasaan serta kegelisahannya sebelum maju mempresentasikan makalahnya.
    b. Berdiri tegak di hadapan peserta presentasi
    Suatu presentasi akan tampak lebih baik jika presenter berdiri ketika membawakan makalahnya. Usahakan untuk tidak membungkuk, bersandar ke meja, atau menggerakkan tangan jika tidak diperlukan. Jangan melakukan sesuatu dan berbicara pada saat yang bersamaan, misalnya menulis pada objek/sarana.
    c. Tatap seluruh peserta presentasi
    Buanglah pandangan ke seluruh ruangan dan tataplah semua peserta tanpa terkecuali. Hal ini sangat penting karena membuat peserta presentasi merasa “dipersatukan” dalam presentasi dan merasa bahwa mereka tidak diabaikan.
    d. Perhatikan suara
    Intonasi yang tepat, suara yang bersih, jelas, dan keras dapat memberikan kesan presenter benar-benar menguasai bahan pembicaraan.
    e. Kendalikan gerakan-gerakan tubuh yang dapat menampilkan kegelisahan.
    Hindari gerakan-gerakan tangan yang tidak diperlukan, karena akan mengganggu penampilan.
    f. Bahasa tubuh
    Jika perlu gunakan bahasa isyarat/gerakan tubuh yang tepat.

Daftar Pustaka
Euis Sulastri, dkk. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia 2 untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA-IPS. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Kusnadi, H. 2009. Belajar Efektif Bahasa Indonesia 2 untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA-IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Santoso, Gunawan Budi. 2008. Terampil Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI Program Bahasa. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasionl.

Tim Siswapedia

Siswapedia.com merupakan situs yang dibuat untuk menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum berbahasa Indonesia.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *