Keuntungan Menabung di Bank

Beberapa keuntungan menabung di bank
Beberapa keuntungan menabung di bank

Keuntungan Menabung di Bank – Dahulu sewaktu kita kecil orang tua selalu menekankan kepada anak-anaknya untuk selalu giat dalam menabung. Hal ini bertujuan untuk medidik kita sejak dini tentang memanajemen keuangan yang baik.

Sering kita diberikan aneka celengan yang terbuat dari tanah liat, plastik ataupun kaleng. Bahkan di sekolah pun ada program menabung uang di sekolah, dimana pihak sekolah bekerjasama dengan bank tertentu.

Nah, seiring perubahan zaman, hampir semua orang saat ini telah mengenal dan menabung langsung di bank. Sebenarnya menabung di celengan dan di bank itu pada prinsipnya merupakan hal yang sama saja namun ada beberapa keuntungan menabung di bank yang menarik dan perlu kita pertimbangkan.

Keuntungan Menabung di Bank

Berikut beberapa kelebihan menabung di bank yang harus kita ketahui.

1. Faktor keamanan

Nabung di bank itu sangatlah aman karena semua transaksinya itu direkam, diaudit dan diawasi oleh lembaga-lembaga terkait. Hal ini membuat para nasabah merasa diberikan hak perlindungan.

Pada intinya secara teknis dan non teknis, dana nasabah benar-benar dijaga dari hal-hal yang dapat merugikan nasabah, misalnya ketika banknya bermasalah, maka dana nasabah tetap bisa diambil karena ada jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

2. Menumbuhkan sikap kedisiplinan

Menabung itu perlu sikap kedisiplinan, baik kedisiplinan dalam mengisi tabungan atau kedisiplinan untuk tidak mengambil uang tabungan untuk hal-hal yang tidak perlu.

Nah, mengambil uang di bank itu butuh usaha yang lebih daripada mengambil uang di celengan karena untuk bisa mengambil uang di bank, kita harus berjalan ke atm atau ke teller yang hanya buka pada hari dan jam tertentu saja. Hal ini secara psikologis akan memberikan waktu berfikir dan alasan untuk tidak mudah dalam mengambil uang di bank.

Keadaan ini sangatlah berbeda bila kita menabung di celengan. Uang yang tersimpan di celengan sangatlah mudah untuk diambil sehingga secara psikologis tidak mampu menumbuhkan penahan dalam diri kita dari keinginan untuk tidak mengambil.

3. Keuntungan bunga dan bagi hasil

Kelebihan menabung di bank selanjutnya yakni adanya bunga dan bagi hasil. Meskipun nilainya bunga sangatlah kecil untuk tabungan yang nominalnya kecil namun akan berasa ketika tabungan kita bernilai besar. Selain itu, khusus tabungan syariah ada yang namanya bagi hasil antara pihak bank dengan nasabah.

4. Kebebasan dalam melakukan transaksi

Bank menawarkan banyak sekali layanan transaksi untuk para nasabahnya, diantaranya layanan transfer uang, pengambilan uang melalui ATM, pembuatan VCN, pengisian saldo E Wallet (misal; pengisian saldo shopeepay), pembayaran BPJS dan berbagai macam fitur yang ada di mobile banking.

5. Lebih praktis dan simpel

Saat ini untuk membuka rekening dan menabung di bank sangatlah simpel. Kita bisa membuka rekening dan menabung melalui melalui agen bank atau cabang bank terdekat. Beberapa bank sekarang bisa membuka rekening melalui aplikasi milik bank terkait via smartphone.

Untuk transaksi jual beli jarak jauh, misalnya jual beli online, kita bisa melakukan pembayaran via internet banking dan ini cukup praktis karena antara pembeli dan penjual tidak perlu bertemu.

6. Adanya kesempatan mendapatkan hadiah

Pihak bank sering kali menawarkan undian berhadiah kepada para nasabahnya. Meskipun tidak semua nasabahnya bisa ikut dalam kesempatan ini namun undian ini dinilai sangatlah menarik bagi banyak kalangan. Pada umumnya hadiahnya berupa mobil, sepeda motor dan uang miliaran rupiah.

7. Penghubung ke dunia investasi

Transaksi dalam pasar saham atau bursa saham Indonesia sangat terkait atau melibatkan peran serta dari pihak perbankan. Contoh sederhananya adalah ketika kita membuka rekening RDN, pasti melibatkan bank kostodian.

Baca juga: Kekurangan nabung di bank

8. Mudah diambil

Keuntungan menabung di bank selanjutnya yakni kemudahannya dalam pengambilan uang tabungan. Kita cukup pergi ke ATM terdekat untuk mengambil uangnya, jika tidak ada ATM milik bank yang kita gunakan, maka kita bisa mengambil di ATM Bank lain yang ada logo ATM Bersama.

Pos terkait