Kedung Pengilon Bangunjiwo

Kedung Pengilon Bangunjiwo merupakan kolam besar yang terbentuk secara alami dengan diamater sekitar 15 meter dan kedalaman sekitar 2 meter hungga 8 meter, terletak di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak ada yang tahu dengan pasti ukuran kedung ini baik diameter dan kedalamannya karena selama ini warga setempat mengukurnya hanya menggunakan bambu panjang.

Kedung Pengilon Bangunjiwo

Gambar. Kedung Pengilon Bangunjiwo (Foto: Siswa Team)

Kolam besar ini berbentuk oval atau lonjong dengan aliran sungai bewarna hijau ke biru-biruan. Air dari Kedung Pengilon Bangunjiwo ini berasal dari mata air atau sendang di daerah pangkah yang kemudian menyusuri hutan jati, perkebunan warga dan watu jembar (sebuah batu datar dengan panjang sekitar 8 meter) lalu terjun ke bawah dengan ketinggian sekitar 10 meter. Di bawahnya air terjun ini adalah kedung atau kolam Pengilon. Aliran air tidak berhenti disini saja melainkan dialirkan lagi ke arah barat melalui suatu aliran sungai dengan lebar sekitar 5 meter.

Lingkungan Kedung Pengilon Bangunjiwo yang merupakan kawasan hutan jati

Gambar. Lingkungan Kedung Pengilon Bangunjiwo yang merupakan kawasan hutan jati (Foto: Siswa Team)

Kedung Pengilon berasal dari dua kata dalam kaedah bahasa Jawa yaitu “Kedung” yang berarti kolam besar dan “Pengilon” yang berarti tempat untuk berkaca. Dinamakan tempat untuk berkaca karena air kedung Pengilon sangatlah jernih dan belum terkontaminasi oleh sampah masyarakat.

Watu jembar di Kedung Pengilon Bangunjiwo

Gambar. Watu jembar di Kedung Pengilon Bangunjiwo (Foto: Siswa Team)

Salah satu objek wisata Jogja ini belum sepenuhnya terkenal dan hanya diketahui oleh warga di daerah sekitar Kedung saja. Bahkan belum ada pengelolaan secara profesional. Selama ini pengelolaan hanya dilakukan oleh organisasi kampung Dusun Petung yang hanya mengelola bagian jasa sewa parkir dan pendirian beberapa gubhuk yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. Sehingga bila Anda berniat untuk mandi, maka sediakan peralatan sendiri misalnya celana pendek, baju kaos dan ban untuk berenang.

Denah lokasi wisata Kedung Pengilon Bangunjiwo

Peta lokasi wisata ini dapat di lihat di bawah ini.

Denah lokasi wisata Jogja Kedung Pengilon

Denah lokasi wisata Jogja Kedung Pengilon

Dari gambar di atas dapat kita ketahui bahwa objek wisata Kedung Pengilon Bangunjiwo sangat berdekatan dengan objek wisata lainnya seperti air terjun Pulosari, air terjun Banyunibo, Sendang Ngembel atau Sendang Beji dan Objek wisata Goa Selarong. Kondisi jalan secara umum sudah beraspal dengan kualitas baik dimana lingkungannya merupakan hutan jati dan perkebunan-perkebunan dengan demografi khas daerah pegunungan. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai olah raga bersepeda santai karena jalanannya masih sepi dan tidak banyak polusi udara.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *