Jenis Tabungan BSI

Macam-macam atau Jenis Tabungan di BSI
Macam-macam atau Jenis Tabungan di BSI

Jenis tabungan BSI atau Bank Syariah Indonesia ada 18 macam. Layanan ini hadir guna untuk memenuhi kebutuhan para nasabah yang mayoritas merupakan masyarakat Indonesia yang beragama Islam.

Layanan tabungan ini bisa saja akan berubah di kemudian hari seiring berubahnya kebutuhan perbankan di masyarakat, misalnya seiring bertambahnya waktu akan lebih banyak lagi jenis layanannya.

Jenis Tabungan di BSI Bank Syariah Indonesia

Berikut jenis layanan tabungan BSI yang sangat familier di masyarakat.

Tabungan Valas

Tabungan valas merupakan jenis layanan untuk nasabah yang ingin menabung dalam bentuk mata uang dollar (USD) dimana penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat sesuai ketentuan bank.

Tidak ada biaya administrasi bulanan pada layanan ini. Dana dalam bentuk mata uang Dollar USD aman tersimpan dan tersedia setiap saat serta layanannya dapat online atau meliputi seluruh cabang BSI di Indonesia.

Tabungan Haji dan Umroh

Tabungan haji dan umroh merupakan layanan yang dikhususkan bagi para nasabah yang berencana mau berangkat haji dan umroh. Disini semua nasabah bisa menabung dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kemampuan tanpa dipotong biaya bulanan.

Misalnya biaya umroh sebesar 30 juta, maka para nasabah bisa menabung secara bertahap dalam jangka waktu tertentu hingga besarnya nominal tabungannya cukup. Bisa menabung selama 1 tahun, 2 tahun atau sampai 10 tahun.

Layanan ini menggunakan prinsip akad wadiah dan mudharabah. Bagi nasabah yang telah mendaftar haji dan umroh akan mendapatkan kartu haji dan umroh.

BSI Tabungan Easy Mudharabah

Ini merupakan jenis tabungan BSI yang sangat banyak digunakan oleh para nasabah. Disini kita menabung menggunakan mata uang rupiah dan bisa melakukan penyetoran beserta penarikan sesuai jam kerja kantor atau melalui ATM.

Kita juga bisa mendaftarkan rekening kita ke layanan sms dan internet banking sehingga transaksi dapat dilakukan via smartphone.

Baca juga: Bank konvensional dan bank syariah

Tabungan Pendidikan

Layanan tabungan pendidikan diperuntukan untuk segmen perorangan yang menginginkan tabungan khusus untuk pendidikan secara autodebet serta dapat memperoleh jaminan asuransi.

Jenis tabungan BSI pendidikan ini dilakukan menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah yakni suatu kesepakatan perjanjian yang sah tertulis mengatur penggunaan dana nasabah oleh bank serta pembagian hasil dsb antara pihak bank dan pemilik modal (nasabah).

Tabungan Bisnis

Tabungan ini menyasar segmen pengusaha yang tentunya membutuhkan kemudahan dan batas limit transfer yang besar sehingga mendukung transaksi jual-beli. Jika kita punya usaha dengan nilai transaksi lebih besart, maka layanan ini sangatlah tepat.

Jenis tabungan ini menawarkan fitur free biaya RTGS (Real Time Gross Settlement), transfer SKN serta setoran kliring akan masuk melalui Teller Bank dan Net Banking.

BSI Tabunganku

Tabungan jenis ini diperuntukkan bagi nasabah perorangan yang layanannya dibuat untuk mendukung budaya menabung di masyarakat dengan akad Wadiah Yad Dhamanah (pihak bank boleh mengelola dana nasabah dimana keuntungannya akan dibagi pula untuk nasabah sebagai bonus).

Adapun syarat pembukaan rekeningnya pun dipermudah. Selain itu, para nasabah dapat pula menggunakan layanan e-banking dan melakukan pembayaran zakat.

BSI Tabungan Pensiun

BSI Tabungan pensiun merupakan layanan yang diperuntukan untuk para nasabah yang terdaftar di lembaga pengelola pensiun yang telah bekerjasama dengan pihak bank BSI. Nantinya kita bisa mengambil dana pensiunan melalui cabang BSI di daerah kita.

Tabungan Efek Syariah

Jenis tabungan ini sangat tepat untuk kita perorangan yang mau berinvestasi di bursa saham Indonesia. BSI akan membantu dalam pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN) yang nantinya dapat kita isi (Top Up) dengan dana yang akan kita investasikan di bursa.

Layanan ini menawarkan tidak adanya biaya administrasi, setoran minimun dan saldo minimum. Cukup dengan KTP, NPWP, Mengisi Formulir dan Surat Kuasa serta Surat Pernyataan, kita sudah bisa memiliki RDN.

Selain 8 jenis tabungan BSI di atas, ada pula 10 layanan lainnya yakni Tabungan Smart, Tabungan Prima, Tabungan BSI Tapenas Kolektif, Tabungan Payroll, Tabungan Mahasiswa, Tabungan Junior, Tabungan Simpanan Pelajar, Tabungan Easy Wahdiah, Tabungan Rencana, Rekening Autosave dan Qurban. Info lengkapnya bisa kita lihat di website Bank Syariah Indonesia.

Pos terkait