Gangguan Pencernaan Pada Manusia

Gangguan Pencernaan Pada Manusia
Bagan Artikel Berjudul Gangguan Pencernaan Pada Manusia

Gangguan Pencernaan Pada Manusia – Fungsi utama dari sistem pencernaan adalah sebagai pencerna nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi, walaupun demikian tidak dapat dipastikan bahwa sistem pencernaan akan selalu selalu sehat karena selalu ada nutrisi yang masuk.

Justru dengan masuknya berbagai macam makanan dengan bebas dapat menyebabkan berbagai macam gangguan ataupun penyakit pada sistem pencernaan.

Penyakit tersebut dapat mengganggu orang yang mengalaminya dan penyakit tersebut akan menyerang serta menghambat sistem organ yang bekerja. Untuk itu diperlukan pengetahuan serta kewaspadaan supaya penyakit atau gangguan tersebut dapat dihindari.

Artikel lainnya: Sistem ekskresi pada manusia

Untuk menambah pengetahuan anda terkait penyakit yang dapat mengancam sistem pencernaan manusia, dapat anda simak penjelasan berikut.

Macam-Macam Gangguan Pencernaan pada Manusia

1. Diare

Salah satu gangguan pada sistem pencernaan manusia yang paling sering dialami adalah diare. Diare sendiri dapat membuat perut terasa mulas, selain itu feses yang dikeluarkan penderita menjadi encer. Diare terjadi karena selaput pada dinding usus besar mengalami iritasi oleh beberapa hal. Salah satunya yaitu memakan makanan yang tidak higienis.

Artikel terkait: Enzim pencernaan Amilase, Protease dan Lipase

Apabila feses yang dikeluarkan penderita bercampur dengan darah atau nanah, maka hal tersebut menunjukkan bahwa penderita mengalami disentri , yaitu sebuah gangguan yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Shigella pada bagian dinding usus besar penderita.

2. Gastritis

Sebuah penyakit atau gangguan di mana dinding lambung penderita mengalami peradangan adalah gastritis. Gastritis diakibatkan oleh kadar HCl atau asam klorida yang tinggi. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh makanan yang di konsumsi penderita banyak mengandung kuman penyebab penyakit.

Saat mengalami gastritis, beberapa dari penderita ada yang mengalami gejalanya dan ada yang tidak. Beberapa gejala gastritis yang sering dialami penderita yaitu nyeri serta panas di dalam lambung, cepat merasa kenyang ketika makan, hilang selera makan, cegukan, perut kembung, mual, muntah, sakit perut, bahkan sampai muntah darah.

Artikel terkait: Sistem eksresi pada ikan air tawar dan ikan air laut

3. Maag

Salah satu penyakit yang sudah tidak aneh lagi dan banyak dialami orang adalah maag, maag sendiri merupakan penyakit atau gangguan yang menyerang sistem pencernaan dengan ditandai adanya rasa perih pada dinding lambung, selain itu terkadang juga disertai dengan rasa mual dan perut kembung. Maag terjadi karena tingginya kadar asam lambung.

4. Sembelit atau Konstipasi

Suatu gangguan sistem pencernaan yang menyerang manusia yang mana penderita akan mengeluarkan feses yang keras adalah sembelit. Hal ini terjadi karena penyerapan air yang terlalu banyak oleh usus besar. Selain itu sembelit terjadi juga karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah dan sayur atau juga karena kebiasaan buruk menunda buang air besar.

5. Radang Usus Buntu

Gangguan yang satu ini menyerang usus buntu manusia. Di mana hal ini terjadi karena usus buntu mengalami infeksi oleh bakteri. Radang usus buntu ini terjadi karena lubang antara usus besar dengan usus buntu tersumbat oleh biji cabai atau lendir.

Artikel lainnya: Bagian usus halus dan fungsinya

Pencegahan untuk Menghindari Gangguan Pencernaan

Beberapa dari gangguan pencernaan dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti:

1. Mempertahankan berat badan ideal, dan menurunkannya secara perlahan apabila berat badan berlebih.

2. Perbanyak makan makanan yang berserat.

3. Olahraga secara rutin

4. Memenuhi asupan cairan

5. Menghindari duduk atau jongkok terlalu lama di toilet

6. Tidak menunda buang air besar atau air kecil

7. Tidak mengejan terlalu keras saat buang air besar

8. Tidak mengkonsumsi alkohol, serta

9. Menghindari berbagi dalam penggunaan jarum suntik untuk mencegah tertularnya hepatitis yang diakibatkan oleh virus.

Daftar Pustaka

Heryana, Nanang dan Rahma Merdia. (2010). Biologi Umum. Universitas Siliwangi: Tasikmalaya.

Willy, Tjin. (2019). Gangguan Pencernaan. [Online]. Tersedia: www.alodokter.com/gangguan-pencernaan. [02 Juni 2019].

Pos terkait