Energi Kinetik

energi kinetik pada mobil atau benda yang bergerak
energi kinetik pada mobil atau benda yang bergerak

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda yang sedang bergerak. Lebih tepatnya, energi jenis ini disebabkan oleh adanya kecepatan gerak suatu benda.

Apabila sebuah benda bermassa m kemudian bergerak dengan kecepatan v, maka besar energi kinetik benda tersebut dapat kita ketahui dengan persamaan berikut.

EK = 0,5.m.v2 = ½ mv²

Nah, pertanyaan muncul, bagaimana jika sebuah benda itu diam di tempat, apakah memiliki energi kinetik? Tentu saja tidak. Berdasarkan persamaan di atas, jika kecepatan (v) itu sama dengan nol (benda tidak bergerak), maka energi kinetiknya nol.

Berlaku sebaliknya, jika kecepatan v nilainya semakin besar, maka energi kinetik benda tersebut juga akan semakin besar. Begitupula bila massanya besar, maka energi kinetiknya juga besar.

Satuan energi kinetik

Satuan energi kinetik adalah joule disingkat J. Sedangkan satuan massa adalah kilogram disingkat kg dan kecepatan satuannya adalah meter per sekon ang disingkat m/s.

Jenis energi kinetiknya

a. Energi kinetik translasi

Energi kinetik translasi merupakan energi kinetik pada benda yang sedang mengalami gerak lurus. Misalnya energi kinetik pada mobil yang bergerak lurus.

b. Energi kinetik rotasi

Energi kinetik rotasi merupakan energi kinetik yang dimiliki oleh benda yang berputar, misalnya energi kinetik bulan yang bergerak mengelilingi bumi.

Manfaat energi kinetik dalam kehidupan

  1. Sebagai alat transportasi, misalnya energi kinetik pada angin laut dapat digunakan sebagai penggerak kapal layar.
  2. Sebagai sumber energi listrik, misalnya energi kinetik air pada sungai dapat memutarkan turbin sedangkan energi kinetik pada angin dapat digunakan sebagai penggerak kincir angin.
  3. Sebagai mainan, misalnya energi kinetik angin dapat sebagai penggerak mainan layangan.
  4. Untuk mengolah makanan, misalnya energi gerak pada alat dapat memisahkan biji dengan kulitnya.
  5. Energi kinetik angin dapat membantu proses penyebaran biji tanaman.

Contoh soal energi kinetik

Sebuah sepeda motor melaju dengan kecepatan 40 m/s. Jika massa sepeda motor tersebut sebesar 100 kg, berapakah besar energi kinetik sepeda motor tersebut?

Jawab

Nah, kita bisa menghitungnya dengan persamaan di atas.

EK = 0,5.m.v2 = (0,5)(100)(40)2 = 80.000 J

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.