Contoh Hewan Omnivora

  • Whatsapp
Burung Flaminggo Salah Satu Contoh Hewan Omnivora
Burung Flaminggo Salah Satu Contoh Hewan Omnivora

Contoh Hewan Omnivora – Di lingkungan tempat manusia tinggal, pasti terdapat berbagai jenis makhluk hidup lain yang juga hidupnya berdampingan dengan manusia. Hewan-hewan tersebut ada yang buas dan ada yang jinak bahkan dipelihara oleh beberapa orang.

Hewan omnivora merupakan kelompok hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan sekaligus daging maupun hewan lain karena kelompok hewan omnivora ini merupakan kelompok hewan kombinasi dari hewan herbivora dengan karnivora.

Baca juga: Hewan vertebrata dan invertebrata

Burung Flaminggo Salah Satu Contoh Hewan Omnivora
Burung Flaminggo Salah Satu Contoh Hewan Omnivora

Apa Itu Kelompok Hewan Omnivora?

Seperti apa yang telah Anda ketahui bahwa hewan omnivora merupakan kombinasi antara hewan karnivora dengan herbivora, kelompok hewan ini pemakan segala baik tumbuhan maupun daging atau bahkan hewan lain yang mana kelompok hewan omnivora ini ada yang berasal dari darat maupun dari perairan.

Meskipun perpaduan antara hewan karnivora dengan herbivora, kelompok hewan omnivora ini tidak buas seperti kelompok hewan karnivora.

Apa Saja Ciri dari Hewan Omnivora?

1. Hewan omnivora memiliki sistem pencernaan yang dapat dikatakan kompleks.

2. Kelompok hewan omnivora ini memakan daging atau hewan lain yang lebih kecil serta tumbuhan.

3. Pada bagian depannya terdapat gigi yang tajam.

4. Pada bagian belakangnya memiliki gigi yang datar.

5. Umumnya kelompok hewan omnivora ini bukanlah kelompok hewan mammalia atau kelompok hewan menyusui, akan tetapi hanya sebagian kecil dari kelompok hewan omnivora ini yang menyusui.

6. Sebagian besar perkembangbiakannya dilakukan secara bertelur, hanya sebagian kecil yang beranak.

Beberapa Contoh Hewan Omnivora

1. Gorila

Gorila merupakan salah satu jenis hewan yang termasuk ke dalam golongan omnivora yang mana gorila ini adalah salah satu jenis hewan primata yang memiliki tubuh yang besar apabila dibandingkan dengan hewan primata jenis lain. Biasanya gorila memakan tumbuhan dan terkadang juga memakan daging dari hewan lain seperti jenis serangga.

Selain hal tersebut, gorila ini merupakan salah satu hewan yang mempunyai DNA seperti yang terdapat pada manusia. Sekitar 97 hingga 98% DNA pada gorila mirip dengan manusia. Kemiripan dari DNA tersebut dapat diamati dari struktur tubuhnya yang dapat berdiri tegak, serta mempunyai dua kaki dan tangan yang mana fungsinya seperti tubuh manusia.

Baca juga: Macam-macam hewan avertebrata

2. Babi

Babi memiliki bentuk hidung serta telinga yang khas karena besar dan juga lebar. Merupakan kelompok hewan omnivora karena memakan rumput dan juga serangga. Babi ini merupakan salah satu hewan dengan tingkat kecerdasan yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan anjing serta kucing.

3. Burung Flaminggo

Contoh hewan omnivora selanjutnya yaitu burung Flaminggo. Burung Flaminggo adalah kelompok burung yang cantic karena mempunyai bulu berwarna kemerahan serta mempunyai kaki yang Panjang serta bentuk paruh yang unik, sehingga ketika berkumpul dengan kelompoknya akan terlihat eksotik. Makanan dari burung flaminggo ini adalah alga biru, alga hijau, serta udang.

Udang dan alga menjadi makanan pokok dari burung flaminggo ini karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Untuk bentuk paruh dari burung flaminggo ini bermanfaat dalam penyaringan makanan. Selain nutrisi alga serta udang kaya akan kandungan beta karoten, hal inilah yang menyebabkan warna tubuh burung flaminggo kemerahan.

4. Lumba-Lumba

Salah satu hewan omnivora yang hidup di air dan bersahabat dengan manusia adalah lumba-lumba yang merupakan kelompok hewan mammalia laut. Makanan dari lumba-lumba ini adalah ikan kecil, plankton, cumi-cumi, serta yang lainnya. Hewan ini juga mempunyai sistem sonar yang mana berfungsi sebagai alat komunikasi serta untuk melihat benda yang ada di sekelilingnya.

5. Burung Hitam

Kebanyakan dari jenis burung hitam ini hidup di hutan. Burung ini mempunyai tubuh yang besarnya hampir sebanding dengan burung coklat. Makanan dari hewan ini yaitu buah-buahan dan juga serangga serta beberapa jenis mammalia kecil dan ikan.

6. Monyet

Monyet adalah kelompok hewan mammalia yang juga merupakan hewan omnivora karena makanannya adalah beberapa jenis sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, serta beberapa jenis serangga. Monyet mempunyai ekor Panjang serta ukuran tubuh yang lebih kecil dari kera.

7. Simpanse

Simpanse merupakan kelompok hewan berbulu yang tergolong dalam kelompok omnivore. Simpanse ini masih satu famili dengan orang utan dan gorila karena dari keluarga Hominidae. Umumnya simpanse ini mempunyai kelompok sosial yang terdiri atas multi jantan dan juga multi betina.

8. Anjing Hutan

Anjing hutan merupakan hewan omnivora dengan nama ilmiah Cuon alpinus, digolongkan ke dalam kelompok hewan omnivora karena memakan rerumputan, buah-buahan, carrio, serta memangsa hewan yang ukurannya lebih kecil dari tubuh anjing hutan sendiri. Contohnya yaitu kelinci, tupai, berang-berang, burung, serangga, serta berbagai hewan yang sejenis.

Anjing hutan ini merupakan salah satu hewan yang tergolong buas, sebab apabila anjing hutan ini merasa terancam, umumnya anjing hutan ini akan menyerang mangsanya, khususnya hewan atau makhluk hidup yang lebih kecil darinya.

9. Orang Utan

Orang utan merupakan kelompok hewan omnivora yang memiliki nama ilmiah pongo, merupakan hewan omnivora yang mana memiliki bulu yang sangat identik yaitu memiliki warna coklat kemerahan dengan lengan yang panjang.
Biasanya orang utan ini memakan makanan seperti beberapa jenis serangga dan juga tumbuh-tumbuhan, dengan demikian pada umumnya orang utan ini hanya memakan tumbuh-tumbuhan hanya di bagian daun, buah, madu atau nektar, jamur, serta bagian tertentu lainnya.

Untuk mendapatkan minum, orang utan ini tidak perlu turun dari pohon, sebab beberapa diantara mereka biasanya akan meminum dari air hujan yang terkumpul pada lubang pohon.

10. Ayam

Ayam juga termasuk dalam kelompok hewan omnivora yang mempunyai nama ilmiah gallus domesticus, hewan ini merupakan kelompok omnivora dari jenis unggas. Tentunya ayam akan dengan mudah Anda temui di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda.

Sebab ayam ini merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dipelihara sebagai hewan ternak. Hal ini akan lebih terlihat lagi apabila di daerah perkampungan yang mana akan dengan mudah Anda menemukan ayam berkeliaran.
Biasanya ayam akan memakan beras maupun padi yang berasal dari tumbuhan, selain itu juga memakan serangga maupun hewan kecil lainnya yang mempunyai daging. Sehingga bukan suatu hal yang aneh apabila ayam ini dimasukkan dalam hewan pemakan segala atau omnivora.

11. Beruang

Beruang adalah salah satu dari kelompok hewan omnivora yang dapat memakan apa saja seperti beberapa jenis tumbuhan, buah-buahan, madu, serangga, burung, serta berbagai daging dari hewan yang lebih kecil. Karena makanan identiknya berupa madu, maka beberapa orang ada yang menyebutnya dengan beruang madu.

Baca juga: Ciri-ciri animalia

12. Musang atau Luwak

Biasanya musang atau luwak akan hidup di atas pohon yang tinggi misalnya pada pohon kelapa, pohon kopi, pohon aren, serta pohon-pohon tinggi yang lainnya. Sebenarnya musang memakan buah-buahan yang berada di kebun dan juga memakan berbagai jenis serangga seperti cacing tanah, tikus, moluska, serta berbagai jenis hewan kecil lainnya.
Akan tetapi karena habitat aslinya yang hampir punah, akhirnya musang sampai di peternakan warga yang pada akhirnya apabila terdapat anak ayam yang hilang dituduhkan telah dimakan musang.

Nah, apabila ada pertanyaan terkait Contoh Hewan Omnivora bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka:
Campbel A Neil. (2010). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3. Erlangga: Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *