Cara Menyimpulkan Informasi Yang Disampaikan Secara Langsung

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendapatkan berbagai macam informasi dari orang-orang di sekitar kita ataupun dari orang yang jauh dari kita. Informasi tersebut bisa berupa nasehat, cerita pengalaman pribadi, penyuluhan dan sebagainya. Secara umum, informasi ini bisa disampaikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada kesempatan ini kita tidak akan membahas cara penyampaiannya melainkan bagaimana cara menyimpulkan informasi yang disampaikan secara langsung.

Apa yang dimaksud dengan informasi yang disampaikan secara langsung?

Secara langsung disini maksudnya antara si penyampai berita dengan kita yang sebagai pendengar tidak ada perantara atau tidak ada orang lain diantara keduanya. Misalnya ketika kita berbincang/mengobrol dengan teman atau ketika kita berada di dalam seminar atau dalam sebuah forum diskusi.

Penyampaian informasi secara langsung misalnya saat kita mengobrol bersama teman

Menyimpulkan informasi memiliki arti bahwa kita harus mampu menemukan inti pokok informasi yang disampaikan secara langsung. Itu artinya ada peran -mendengarkan- disini.

Lalu bagaimana informasi yang disampaikan secara lisan ini dapat disimpulkan dengan benar?

Nah, dalam hal ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu:

1. Fokuslah dan pusatkan perhatianmu pada informasi yang akan kamu dengar.

2. Dengarkan dan cermati setiap perkataan disampaikan oleh si penutur.

3. Temukanlah pokok-pokok informasinya.

4. Pada umumnya pokok informasi akan dituturkan dengan disertai penekanan khusus atau perulangan.

5. Kemudian catatlah pokok-pokok informasi lalu rangkailah menjadi sebuah kesimpulan.

6. Dalam membuat kesimpulan gunakanlah bahasa yang ringkas, padat dan jelas.

Untuk bisa lebih memahami, mari kita praktekan. Sekarang mintalah seorang temenmu untuk membacakan informasi di bawah ini kepadamu. Ingat!! kamu tidak boleh membaca informasi ini sebelumnya. Hanya temenmulah yang boleh membacanya, kamu tinggal mendengarkan bacaanya, menyimak dan menulis kesimpulannya.

Di Piala AFF 2016 kemarin Timnas Indonesia hampir saja juara setelah di pertandingan pertama, timnas berhasil unggul 2-1 atas lawannya si Gadjah Perang, Thailand. Tapi sayangnya kita kebobolan dengan skor 2-0 di kandang lawan saat pertandingan leg kedua yang dilaksanakan pada hari sabtu kemarin.

Banyak fans timnas sangat kecewa dengan hasil ini karena timnas hanya butuh hasil imbang agar bisa menjuarai piala AFF untuk pertama kalinya. Namun meski kecewa, banyak pula fans yang tetap optimis bahwa 2 tahun yang akan datang, timnas akan tampil lebih baik dan berpeluang jadi juara. Pasalnya, timnas kan baru saja kena sanki larangan bermain oleh FIFA karena adanya kisruh pengurus PSSI sehingga untuk mempersiapkan skuad garuda belum maksimal.

Sekarang coba kamu simpulkan informasi di atas??

Ada dua pokok informasi yang ingin disampaikan.

  1. Timnas Indonesia juara dua Piala AFF 2016 setelah kalah dengan agregat 2-3 dari Thailand.
  2. Fans Timnas Indonesia kecewa dengan hasil pertandingan namun tetap optimis untuk menatap pertandingan AFF 2018.

Setelah diambil poin pentingnya kemudian kita gabung menjadi sebuah kesimpulan.

Timnas Indonesia juara dua Piala AFF 2016 setelah kalah dengan agregat 2-3 dari Thailand. Fans Timnas Indonesia kecewa dengan hasil ini namun tetap optimis untuk menanap Piala AFF 2018.

Mudah bukan? kalau ada pertanyaan tentang cara menyimpulkan informasi yang disampaikan secara langsung ini. Tulis saja di kolom komentar di bawah ini.

Daftar Pustaka
Somad, Abdi Abdul. 2008. Aktif dan kreatif berbahasa Indonesia 1 : untuk kelas X SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Suratno. 2010. Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan