Bagian Struktur Anatomi Kalenjar Prostat

Bagian Struktur Anatomi Kalenjar Prostat – Kelenjar di dalam tubuh makhluk hidup terutama manusia sangat beragam macamnya dengan fungsi dan perannya masing-masing. Salah satu kelenjar tersebut yang akan dibahas lebih lanjut adalah kelenjar prostat.

Simak artikel berikut untuk mengetahui pengertian, struktur anatomi, serta bagian-bagian dari kelenjar prostat.

Pengertian Kelenjar Prostat

Prostat merupakan suatu kelenjar eksokrin pada sistem reproduksi makhluk hidup menyusui jantan. Dengan fungsi utama yaitu untuk mengeluarkan serta menyimpan sejenis cairan yang menjadi dua pertiga bagian air mani. Dari satu spesies ke spesies lainnya untuk hal anatomi, fisiologi, serta kimia, maka kelenjar prostat ini berbeda-beda.

Bagian Struktur Anatomi Kalenjar Prostat

Kelenjar prostat merupakan kelenjar fibromuskuler, yaitu serabut oto polos yang bertemu serat kolagen yang elastik, kelenjar prostat ini terselubung oleh kapsula prostatika, yaitu sebuah jaringan fibrosa yang mempunyai pembuluh darah serta saraf serta jaringan fibrosa.

Artikel terkait: Fungsi uterus atau rahim pada sistem reproduksi wanita

Pada laki-laki manusia, prostat merupakan set kelenjar di antara kandung kemih serta alat kemaluan. Sedangkan untuk kelenjar skene pada organ intim wanita disebut sebagai homolog kelenjar prostat perempuan. Akan tetapi pembahasan yang lebih lanjut akan fokus pada laki-laki.

Prostat sendiri merupakan kelenjar sebesar kenari, ditembus oleh uretra yang dapat mengarahkan urin untuk keluar dari tubuh. Prostat akan mengeluarkan cairan basa selama hubungan suami istri ke uretra. Sifat basa dari air mani tersebut untuk menangkal lingkungan asam pada organ intim wanita.

Hal tersebut untuk melindungi sperma serta untuk memperpanjang waktu yang mana sperma menjadi motil pada saluran intim wanita. Untuk membantu mengeluarkan sperma, maka kelenjar prostat juga akan bergantung pada otot.

Struktur Anatomi Kalenjar Prostat

Prostat mempunyai bentuk segitiga terbalik dengan ukuran panjang sekitar 4 cm, lebar sekitar 3 cm, dan bagian tengahnya sekitar 2,5 cm, serta memiliki berat kurang lebih 20 gram.

Beberapa dari bagian kelenjar prostat ini tersusun oleh 30 hingga 50 komponen kelenjar tubuloasinar ataupun tubulo alveolar kecil dan bercabang.

Dinding pelapis dari prostat adalah dinding mukosa, submukosa, serta lapisan perifer yang terdiri atas kelenjar utama penyusun prostat. Untuk jaringan epitel yang melapisi prostat biasanya mempunyai bentuk simpleks kolumnar.

Baca juga: Pembentukan Sel Kelamin Spermatogenesis dan Oogenesis

Prostat mendapatkan suntikan nutrisi serta oksigen yang berasal dari arteri prostat. Untuk persyarafannya berasal dari pleksus prostatikus yang dapat berbentuk rangsangan simpatis maupun parasimpatis.

Bagian-Bagian Kelenjar Prostat

1. Lobus Isthmus/Anterior (Depan), yaitu lobus yang terletak pada bagian di depan uretra serta tidak mempunyai jaringan kelenjar.

2. Lobus Medius (Tengah), yaitu lobus yang terletak pada bagian diantara duktus ejakulatorius dan uretra, pada lobus ini mengandung banyak jaringan kelenjar.

3. Lobus Posterior (Belakang), merupakan lobus yang terletak pada bagian di belakang uretra serta di bawah duktus ejakulatorius, pada bagian lobus ini juga memiliki jaringan kelenjar.

4. Lobus Lateral Kanan, yaitu bagian lobus yang terletak pada sebelah kanan uretra yang terpisah oleh alur dangkal pada permukaan belakang prostat. Pada lobus ini banyak mengandung jaringan kelenjar.

5. Lobus Lateral Kiri, yaitu lobus yang terletak pada sebelah kiri uretra yang di pisah oleh alur vertikal dangkal di bagian belakang prostat, pada lobus ini mengandung banyak jaringan kelenjar.

Baca juga: alat reproduksi pria dan alat reproduksi wanita

6. Zona Perifer atau Zona Sisi, bagian zona ini membuat 70% jaringan kelenjar prostat, meliputi bagian posterior dan lateral. Zona ini merupakan zona yang sangat rentan akan peradangan maupun infeksi.

7. Zona Transisional atau Zona Pertengahan, bagian zona ini membentuk 5 hingga 10 % dari jaringan kelenjar.

8. Zona Sentral atau Pusat, bagian ini membentuk 25% jaringan kelenjar prostat, terdiri dari lapisan mukosa serta submukosa.

Bila ada pertanyaan terkait Bagian Struktur Anatomi Kalenjar Prostat di atas bisa ditulis di bawah ini.

Daftar Pustaka:

Mustofa, Romi Faisal dan Mufti Ali. (2018). Struktur Hewan. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Pujianto, Sri. (2014). Menjelajah Dunia Biologi. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *