Air Terjun Siluwok atau Curug Siluwok

Air Terjun Siluwok atau Curug Siluwok Kulon Progo

Air Terjun Siluwok atau Curug Siluwok Kulon Progo (Foto: Siswa Team)

Air Terjun Siluwok atau Curug Siluwok merupakan objek wisata Jogja yang berupa air terjun yang terletak di daerah Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dari permukaan tanah dengan kemiringan tebingnya mendekati 90 derajat.

Sama seperti halnya air terjun Sidoharjo, air terjun Siluwok berada sekitar 300 meter dari perkampungan terdekat. Air terjun ini berada di antara tebing yang tingginya bisa mencapai 25 meter yang masih merupakan alur perbukitan menoreh. Untuk pergi ke tempat ini, kita harus melewati jalan setapak yang lebarnya hanya sekitar 1-1,5 meter dengan kondisi jalanan bertanah dimana pada sisi barat jalan merupakan tebing dan sisi timur jalan merupakan jurang yang dalam.

Kolam alami di dasar air terjun yang bisa digunakan untuk mandi

Kolam alami di dasar air terjun yang bisa digunakan untuk mandi (Foto: Siswa Team)

Air terjun Siluwok berada di pinggir hutan yang sebagiannya merupakan perkebunan warga sekitar. Sebagian area yang lain terutama yang berdekatan dengan desa sudah dilakukan pengalihan fungsi lahan menjadi tanah pertanian. Aliran air dari air terjun ini diteruskan ke sungai-sungai yang kemudian dihubungkan dengan area persawahan. Di area wisata air terjun ini terdapat beraneka pohon seperti pohon jati, asem, kelapa, melinjo dsb (Baca juga: Candi Ijo Yogyakarta).

Jalan setapak menuju Curug Siluwok

Jalan setapak menuju Curug Siluwok (Foto: Siswa Team)

Fasilitas di Curug Siluwok ini berupa tempat parkir, mushola, toilet yang terdapat di perkampungan warga. Untuk di sekitar lokasi hanya ada beberapa penduduk yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. Adapun peta lokasi air terjun Siluwok atau Curug Siluwok bisa dilihat di bawah ini.

Peta Lokasi Curug Siluwok dan Curug Sidoharjo

Lokasi Air Terjun Siluwok berdekatan dengan Air Terjun Sidoharjo yaitu sekitar sekitar 3 km ke arah barat. Bila kita berangkat dari Tugu Jogja, berjalanlah terus ke arah barat sampai melewati Ring Road Barat, Pasar Godean dan Perempatan Gedongan. Setelah sampai di perempatan Gedongan berjalanlah terus ke barat hingga melalui Sungai Progo lalu sampai perempatan Kenteng, lalu ambil arah ke kanan menuju utara sampai menemukan perempatan Dekso yang di tengahnya terdapat tugu. Dari perempatan Dekso ini berjalanlah terus ke arah barat sampai jarak sekitar 5 km ada papan petunjuk arah menuju Curug Sidoharjo dan Curug Siluwok. Ikutilah papan petunjuk arah tersebut.

Tim Siswapedia

Tim Siswapedia

"Kami mendukung pendidikan gratis di Indonesia"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *