Situs Penyedia Informasi di Indonesia

Struktur Geografi | Siswapedia
Bersponsor
Tersedia berbagai model Tas fashion, sport, Casual, Ransel, Selempang, Jinjing, Dompet, Accessories, Dll. Dengan produk Model kualitas

Bersponsor
Aneka produk Herbal,100 % berasal dari ekstraksi bahan-bahan alami. Berkhasiat ampuh untuk menyembuhkan segala macam jenis penyakit & tidak berbahaya bagi tubuh.

Dalam ilmu pengetahuan, ilmu geografi berada dalam dua bagian ilmu pengetahuan lainnya yakni ilmu pengetahuan eksak dan ilmu pengetahuan sosial. Oleh karena itu, agar ilmu geografi dapat menjelaskan fenomena geosfer, maka diperlukan ilmu-ilmu penunjang yang lainnya. Dengan demikian, maka terlihat jelas bahwa ilmu geografi tidak mampu berdiri sendiri.

Dalam perkembangannya, ilmu geografi yang kajiannya masih memisahkan diri antara geografi fisik dan geografi manusia sudah banyak ditinggalkan. Sekarang, telah dikembangkannya ilmu geografi yang lebih terintegrasi.

Dalam geografi yang terintegrasi, seluruh cabang ilmu geografi tidak ditonjolkan dalam struktur ilmu. Geografi terintegrasi lebih menonjolkan pendekatan ilmunya, yaitu analisis keruangan, kelingkungan, dan kewilayahan. Ketiga pendekatan tersebut dibedakan atas teoritis dan aplikasinya. Perhatikan bagan struktur geografi berikut ini.

Struktur kajian geografi ortodoks (Sumber: P. Hagget 1972, Geography a Modern Synthesis)

Struktur kajian geografi ortodoks (Sumber: P. Hagget 1972, Geography a Modern Synthesis)

Struktur kajian geografi terintegrasi (Sumber: Gurniwan K. Pasya, 2002 halaman 118)

Struktur kajian geografi terintegrasi
(Sumber: Gurniwan K. Pasya, 2002 halaman 118)

Berdasarkan kajiannya, ilmu geografi dibagi menjadi 3 cabang ilmu pengetahuan, yakni:

1. Geografi Fisik

Geografi fisik mempelajari ruang dipermukaan bumi yang terbentuk akibat adanya interaksi dan interdependensi bentuk lahan. Perhatian utama geografi fisik adalah lapisan hidup (Life layer) dari lingkungan fisik, yaitu zone tipis dari daratan dan lautan yang di dalamnya terdapat sebagain besar kehidupan. Adapun ilmu penunjang geografi fisik antara lain:

1) Meteorologi dan klimatologi, merupakan ilmu yang mempelajari gejala cuaca di atmosfer.
2) Oceanografi adalah ilmu pengetahuan dan studi eksplorasi mengenai lautan serta semua aspek yang terdapat di dalamnya termasuk sedimen, batuan yang membentuk dasar laut, interaksi antara laut dengan atmosfer, pergerakan air laut serta tenaga yang menyebabkan adanya gerakan tersebut baik tenaga yang berasal dari dalam maupun yang berasal dari luar.
3) Hidrologi mempelajari gerakan dan distribusi air di bumi.
4) Hidrografi adalah suatu cabang ilmu geografi fisik yang berhubungan dengan penelitian dan pemetaan air di permukaan bumi.
5) Geologi menjelaskan bagaimana bumi terbentuk dan bagaimana bumi berubah dari waktu ke waktu.
6) Geomorfologi mempelajari bentuk permukaan lahan dan sejarahnya.
7) Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari hal ihwal atau sifat-sifat tanah.
8) Geografi tanah ialah ilmu yang mempelajari tentang tanah, meliputi sifat,
genesis, penyebaran, dan penerapannya terhadap kehidupan manusia.
9) Biologi adalah ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup, baik manusia maupun tumbuhan dan hewan.
10) Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari penyebaran organisme dalam ruang dan waktu, serta faktor-faktor yang memengaruhi, membatasi atau menentukan pola penyebaran jarak.

2. Geografi manusia

Geografi manusia mempelajari manusia dalam ruang, termasuk jumlah
penduduk, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, aktivitas ekonomi,
politik, sosial dan budayanya. Cabang geografi manusia di antaranya sebagai berikut.

1) Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran, gejala-gejalanya dan hubungan timbal balik dari usaha tersebut.
2) Geografi ekonomi membahas bagaimana manusia mengeksploitasi sumber daya alam, menghasilkan barang dagangan, pola lokasi, dan persebaran kegiatan industri, serta seluk beluk komunikasi.
3) Politik adalah kegiatan pada suatu negara yang berhubungan dengan proses untuk menentukan tujuan-tujuan yang telah dipilih oleh suatu negara dalam rangka mencapai tujuan yang akan dicapai oleh negara itu sendiri.
4) Geografi politik mempelajari unit-unit politik, wilayahnya, perbatasan, serta ibukotanya dengan unsur-unsur kekuatan nasional dan politik internasional.
5) Demografi adalah ilmu yang mempelajari persoalan dan keadaan perubahanperubahan npenduduk.
6) Geografi penduduk adalah cabang disiplin geografi yang membicarakan variasi-variasi kualitas ruang dalam demografi dan nondemografi dari penduduk manusia dan konsekuensi-konsekuensi sosial dan ekonomi yang berasal dari rangkaian interaksi dengan suatu rangkaian khusus dari kondisi-kondisi yang terdapat di dalamnya yang diberikan oleh suatu unit atau daerah.

3. Geografi teknik

Geografi teknik mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara dan citra hasil penginderaan jauh. Cabang ilmu geografi teknik yaitu sebagai berikut.

1) Kartografi adalah ilmu dan seni membuat peta yang menyajikan hasilhasil ukuran dan pengumpulan data berbagai unsur permukaan bumi yang telah dilakukan oleh surveyor, geograf, kartograf, dan lain-lain.
2) Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni yang memperoleh informasi mengenai objek, daerah, atau gejala dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah, atau gejala yang dikaji.
3) Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem informasi berbasis komputer yang dapat menyimpan, mengelola, memproses, menganalisis data geografis dan nongeografis serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.

Waluya,Bagja.2009.Memahami Geografi 1 SMA/MA : Untuk Kelas X, Semester 1 dan 2.Jakarta:Armico.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tulis saran dan kritikmu di bawah ini


Bersponsor
MBC Clothing maker in Solo
Terima pembuatan : Order kaos Desain Pribadi- Kaos Polos- Kaos angkatan -Jersey Futsal- kemeja pdh- Partai Besar, menerima reseller, buktikan dan order barang kami !!

Kritik & Saran | Buat Iklan