Pengertian Sungai dan Jenis Sungai
Jaket 2in1 berfungsi Sebagai Jaket sekaligus Jas hujan, Nyaman & tidak rembes. Menerima reseller & agen. Buruan...! temukan koleksimu disini
Kaos WWE Asli Authentic (USA) dan Homemade. Recommeded seller sejak 2013. Open Reseller n Dropshipper. BBM : 270C31DF | WAP : 081297139003
Melalui program Donasi Palestina ini, kami siap menyalurkan donasi Anda guna membantu saudara-saudara kita di Palestina & Syiria
Aneka produk Herbal,100 % berasal dari ekstraksi bahan-bahan alami. Berkhasiat ampuh untuk menyembuhkan segala macam jenis penyakit & tidak berbahaya bagi tubuh.

Baca halaman 1 tentang perairan darat disini

2. Sungai
Sungai adalah mengalirnya massa air tawar dari sumbernya menuju atau bermuara di laut, danau, atau sungai yang lebih besar.

Sungai yang ada di permukaan Bumi ini tidak semuanya sama. Oleh karena itu, sungai dibedakan menjadi beberapa jenis.

A. Berdasarkan letaknya
Berdasarkan letaknya, sungai dapat dibagi menjadi tiga bagian yakni:

a) Bagian Hulu, karakteristiknya:
Arus sungai deras, arah erosi ke dasar sungai (erosi vertikal), lembahnya curam, lembahnya berbentuk V, kadang-kadang terdapat air terjun, terdapat erosi mudik, tidak terjadi pengendapan (sedimentasi), terdapat batu-batu besar dan runcing.

b) Bagian Tengah, karakteristiknya:
Arus air sungai tidak begitu deras, erosi sungai mulai ke samping (erosi horizontal), aliran sungai mulai berkelok-kelok, mulai terjadi proses sedimentasi dan (pengendapan) karena kecepatan air mulai berkurang, batu-batu bersudut bulat, dengan ukuran lebih kecil dari daerah hulu.

c) Bagian Hilir, karakteristiknya:
Arus air sungai tenang, terjadi banyak sedimentasi, erosi ke arah samping (horizontal), sungai berkelok-kelok (terjadi proses meandering), terkadang ditemukan meander yang terpotong sehingga membentuk kali mati/danau tapal kuda (oxbow lake), di bagian muara kadang-kadang terbentuk delta, terdapat batu-batu kecil bersudut bulat.

B. Berdasarkan Pola Alirannya
Berdasarkan pola alirannya, sungai dapat dibagi menjadi tiga bagian yakni:

a) Pola Aliran Radial

Aliran sungai radial itu mirip menjari (telapak tangan dan jari). Aliran ini ada dua macam yakni radial sentrifugal dan radial sentripetal. Nah untuk lebih jelasnya, lihat aja gambar di bawah ini.

Gambar: Aliran sungai a) radial sentrifugal, b) radial sentripetal. Garis merah menunjukan arah aliran air (Sumber: Dokumen siswapedia)

Gambar: Aliran sungai a) radial sentrifugal, b) radial sentripetal. Garis merah menunjukan arah aliran air (Sumber: Dokumen siswapedia)

b) Pola Aliran Dendritis

Gambar: Aliran sungai dendritis. Garis merah menunjukan arah aliran anak sungai menuju induk sungai. (Sumber: dokumen siswapedia)

Gambar: Aliran sungai dendritis.(Sumber: Dokumen siswapedia)

Pola dendritis, ciri-cirinya adalah bahwa anak-anak sungainya bermuara pada sungai induk secara tidak teratur yaitu membentuk sudut yang berlainan besarnya dan tidak tentu besarnya. Pola ini terdapat di daerah yang menunjukkan tidak adanya pengaruh struktur. Pola ini sering terdapat pada batuan horizontal (mendatar).

Garis merah menunjukan arah aliran anak sungai menuju induk sungai. Induk sungai pada gambar disamping ditunjukkan oleh garis-garis warna biru yang lebih tebal. Sedangkan anak sungai ditunjukkan oleh garis tipis berwarna biru.

c) Pola Aliran Trellis

Pola aliran trellis, yaitu sungai yang memperlihatkan letak yang paralel. Anak-anak sungainya bergabung secara tegak pada sungai yang paralel (sejajar) tadi. Pola ini terjadi di daerah dengan struktur lipatan.

Gambar: Aliran sungai trellis (Sumber: Topographic Map Review by J. Gerencher)

Gambar: Aliran sungai trellis (Sumber: Topographic Map Review by J. Gerencher)

d) Pola Aliran Rektanguler

Pola aliran sungai ini saling membentuk sudut siku, pada daerah patahan atau pada batuan yang tingkat kekerasannya berbeda. Ciri cirinya adalah sungai induk dengan anakanak sungainya membelok dengan membentuk sudut 90°. Pola aliran ini terdapat di daerah patahan.

Gambar. Aliran sungai rektanguler (Sumber: wikispaces.com )

Gambar. Aliran sungai rektanguler (Sumber: wikispaces.com )

e) Pola Aliran Anular

Pola aliran ini merupakan pola aliran yang semula merupakan aliran radial sentrifugal, selanjutnya muncul sungai subsekuen yang sejajar, sungai obsekuen, dan resekuen. Pola aliran ini terdapat di daerah dome stadium dewasa.

Gambar. Aliran sungai anular (Sumber: Bumi dan Permukaannya, halaman 28)

Gambar. Aliran sungai anular (Sumber: Bumi dan Permukaannya, halaman 28)

C. Berdasarkan Sumber Airnya

Berdasarkan sumber airnya, sungai dapat kita bedakan menjadi 3 macam yakni:

a). Sungai Hujan, yakni sungai yang airnya berasal dari air hujan.
b). Sungai Gletser, yakni sungai yang airnya berasal dari es.
c). Sungai Campuran, yakni sungai yang airnya berasal dari es dan air hujan. Contohnya sungai mamberano di Pegunungan Foja, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.

D. Berdasarkan Kondisi Airnya

Berdasarkan kondisi airnya, sungai dapat dibedakan menjadi 2 macam, yakni:

a). Sungai episodik, yakni sungai yang banyaknya airnya tetap sepanjang tahun. Biasanya jenis sungai ini terdapat di daerah berhutan lebat.
b). Sungai periodik, yakni sungai yang banyaknya airnya tidak tetap. Biasanya sungai jenis ini memiliki jumlah air yang banyak pada saat musim hujan dan menyusut pada saat musim kemarau.

Lanjutkan membaca…tentang danau

Anjayani, Eni. 2009. Geografi : Untuk Kelas X SMA/MA. Surakarta: PT. Cempaka Putih.
Hartono. 2009. Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta. Bandung: CV. Citra Praya.

Ingin Wajah anda bersih bebas jerawat,bekas jerawat,flek hitam dan memutihkan secara alami. Best Seller 100%. Menerima Seller, dropship & Agen. 08561161155
Buat iklan menarik dengan berbagai kemudahan agar orang tahu produk Anda dan mengunjungi situs web Anda.

Sampaikan kritik & saranmu di bawah ini:


Al Khwarizmi, Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma

Al Khwarizmi, Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma

Al Khwarizmi dikenal sebagai bapak matematika dengan nama lengkap Abu Ja'far Muhammad bin Musa[...]
Tahukah Anda?
  • Siapkanlah mental Anda untuk melihat ini, seperti inilah posisi bumi di alam semesta
  • Tanpa matahari, bumi akan mengalami penurunan suhu
  • Ilmuwan memperkirakan bahwa 50% oksigen di bumi dihasilkan oleh bakteri yang hidup di laut
Artikel Terbaru
Bersponsor
Jual Jam Tangan Murah Online
www.inilahjamtangan.com adalah toko jam tangan online terpercaya. Kami menjual jam tangan dengan harga murah dan kualitas yang terjamin
MBC Clothing maker in Solo
Terima pembuatan : Order kaos Desain Pribadi- Kaos Polos- Kaos angkatan -Jersey Futsal- kemeja pdh- Partai Besar, menerima reseller, buktikan dan order barang kami !!
Kaos Bola Distro Artis Murah
Kaos Bola Artis Brand Distro Termurah se-Indonesia. Kualitas ekspor, Terpercaya 100% harga Mulai 40rb ( Grosir - Eceran ) Menerima Reseller / Dropship | 085251142235 | Pin:7CB9A02F Order Sekarang !

Kritik dan Saran | Buat Iklan

Siswapedia © 2014.