Pengertian Sumber Daya Alam (natural resources)
Bersponsor
Tersedia berbagai model Tas fashion, sport, Casual, Ransel, Selempang, Jinjing, Dompet, Accessories, Dll. Dengan produk Model kualitas

Bersponsor
Aneka produk Herbal,100 % berasal dari ekstraksi bahan-bahan alami. Berkhasiat ampuh untuk menyembuhkan segala macam jenis penyakit & tidak berbahaya bagi tubuh.

Sumber daya alam merupakan semua kekayaan alam yang meliputi benda hidup maupun benda mati yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi empat macam kriteria yakni:

1. Sumber daya alam berdasarkan wujudnya
Sumber daya alam berdasarkan wujudnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

a. Sumber daya alam padat
Sumber daya alam padat yaitu sumber daya alam yang wujudnya berupa benda padat, misalnya emas, besi, tembaga, nikel (logam), dan batu bara.

b. Sumber daya alam cair
Sumber daya cair yaitu sumber daya alam yang wujudnya berupa benda cair, misalnya air dan minyak bumi.

c. Sumber saya alam gas
Sumber daya gas yaitu sumber daya alam yang wujudnya berupa gas, misalnya geothermal (panas bumi), LPG (Liquefied Petroleum Gas), dan LNG (Liquefied Natural Gas).

2. Sumber daya alam berdasarkan proses terbentuknya
Sumber daya alam berdasarkan proses terbentuknya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni

a. Sumber daya alam fisik (abiotik), yaitu sumber daya alam yang terjadi oleh proses alam atau kekuatan alam. Sumber daya alam fisik atau abiotik ini dibagi sebagai berikut:

1) sumber daya alam mineral logam, misalnya bijih besi, emas, perak, tembaga, kuningan, dan nikel;
2) sumber daya alam mineral nonlogam, misalnya aspal, belerang, marmer, dan pasir kuarsa;
3) sumber daya alam energi, misalnya gas alam, minyak bumi, batu bara, dan panas bumi (geothermal).

b. Sumber daya alam biotik, yaitu sumber daya alam yang terjadi dari makhluk hidup, misalnya flora dan fauna dalam bentuk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan peternakan.

c. Sumber daya lingkungan alam, yaitu sumber daya alam yang terjadi karena proses alam dan kehidupan makhluk hidup, misalnya keindahan alam, pantai, dan pegunungan.

3. Berdasarkan Nilai Ekonominya atau Kegunaannya
Penggolongan sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomi atau kegunaannya meliputi sebagai berikut.

a. Sumber daya alam ekonomis, yaitu sumber daya alam yang mempunyai nilai ekonomis, sangat berharga, menghasilkan keuntungan dan untuk mendapatkannya memerlukan biaya yang cukup besar, misalnya, emas, perak, timah, minyak bumi, dan batu bara.

b. Sumber daya alam nonekonomis, yaitu sumber daya alam yang didapatkan dengan biaya yang relatif kecil, misalnya air bersih, udara, dan sinar matahari.

4. Berdasarkan Sifat Keberadaannya atau Pengolahannya Penggolongan
Sumber daya alam berdasarkan sifat keberadaannya, meliputi sebagai berikut.

a. Sumber daya alam yang dapat diperbarui, yaitu sumber daya alam yang apabila sudah digunakan dapat diusahakan kembali seperti semula, baik proses alamiah maupun oleh usaha manusia, misalnya flora, fauna, air, dan tanah.

b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, yaitu sumber daya alam yang habis setelah digunakan dan tidak dapat terbentuk lagi dalam jangka waktu yang pendek, misalnya mineral dan bahan tambang (minyak bumi, gas alam, timah, nikel, emas, perak, batu bara), serta panas bumi.

c. Sumber daya alam yang selalu tersedia atau lestari, yaitu sumber daya alam yang jumlahnya melimpah dan digunakan untuk kelangsungan hidup makhluk atau organisme, misalnya udara (untuk bernafas, gerakan udara atau angin untuk pembangkit listrik) dan sinar matahari (sumber energi untuk kehidupan dan untuk pembangkit listrik).

Iskandar.2009.Geografi 2 : Kelas XI SMA dan MA halaman 58-59.Jakarta:PT. Remaja Rosdakarya.

Follow me

Siswa Team

Melalui siswapedia.com, kami ingin ikut serta dalam menyediakan informasi pendidikan dan pengetahuan umum gratis di Indonesia. Dukung kami agar kami mampu mewujudkan impian itu.
Follow me

Bersponsor
Lagi turun sebentar Rp99.000 jadi Rp80.000! Diskon Rp50.000! GRATIS Ongkir! Stock terbatas, siapa cepat dia dapat..~ ˆ⌣ˆ


Sampaikan pesanmu untuk Siswapedia yang lebih baik:


Al Khwarizmi, Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma

Al Khwarizmi, Algoarismi, Al Gorism atau Al Goritma

Al Khwarizmi dikenal sebagai bapak matematika dengan nama le[...]
Ibnu Sina (Avicenna)

Ibnu Sina (Avicenna)

Ibnu Sina atau yang terkenal di Eropa sebagai Avicenna lahir[...]
Destinasi Wisata Populer Minggu ini
Komplek Wisata Pantai Parangtritis

Komplek Wisata Pantai Parangtritis

Komplek wisata pantai Parangtritis meliputi pantai parangtritis, paralayang, pandai parangkusumo, gu[...]
Bersponsor
Smartphone Murah Hanya 1 Jutaan
Smartphone, Gadget, Tablet hanya 1 jutaan, Samsung, iPhone, Asus Zenfone dan Blackberry Garansi 2 Tahun. Welcome Reseller dan Dropshiper [082291219023/ pin:27eee3fc- Buruan order !
MBC Clothing maker in Solo
Terima pembuatan : Order kaos Desain Pribadi- Kaos Polos- Kaos angkatan -Jersey Futsal- kemeja pdh- Partai Besar, menerima reseller, buktikan dan order barang kami !!
Kaos Bola Distro Artis Murah
Kaos Bola Artis Brand Distro Termurah se-Indonesia. Kualitas ekspor, Terpercaya 100% harga Mulai 40rb ( Grosir - Eceran ) Menerima Reseller / Dropship | 085251142235 | Pin:7CB9A02F Order Sekarang !

© 2014 Siswapedia- Kritik & Saran Buat Iklan